Kemenkes: Hingga 4 April 2021, Penyuntikan Vaksin Covid-19 Capai 12,5 Juta Dosis

Pemberian suntikan vaksin(Pixabay/kfuhlert) 

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyebutkan, hingga Minggu (4/4/2021) penyuntikan vaksin Covid-19 di Tanah Air telah menembus 12,5 juta dosis. 

"Pada Minggu, 4 April, total vaksinasi yang telah kami lakukan mencapai 12,5 juta dosis vaksin yang sudah kami berikan," ujar Nadia dalam diskusi virtual yang disiarkan kanal Youtube Kementerian Kesehatan, Minggu. 

Nadia merinci, secara persentase, seluruh dosis yang sudah diberikan mencapai 21,33 persen dari target 40 juta pada tahap pertama dan kedua. 

"Itu sudah kurang lebih 8,5 juta orang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19," kata dia. 

Menurutnya, jumlah vaksinasi di Indonesia secara keseluruhan lebih baik baik dibanding negara-negara di Eropa. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah memberi catatan bahwa rata-rata vaksinasi Covid-19 di Eropa masih di bawah 10 persen. 


Di sisi lain, kata Nadia, pemerintah akan terus meningkatkan kapasitas vaksinasi Covid-19 dengan harapan dapat melahirkan kekebalan kelompok. 

"Kami mendorong semua lapisan masyarakat untuk ikut menyosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid-19, khususnya kepada kelompok masyarakat usia di atas 60 tahun," kata dia. 

"Yang kami ketahui memiliki risiko angka kematian dan angka kesakitan tiga kali lebih besar dari populasi kelompok lainnya," imbuh dia. 

Hingga hari Minggu ini, pemerintah mencatat kasus positif di Indonesia mencapai 1.534.255 kasus. Sementara angka kesembuhan menembus 1.375.877. Kasus kematian mencapai 41.669.


Sumber : kompas

No comments

Powered by Blogger.