Koleksi Zara x Barbie Banjir Kritik, Tampilkan Model Bertubuh 'Tak Realistis'

 

  Zara berkolaborasi dengan Mattel merilis koleksi spesial bertema Barbie. Belum lama diluncurkan, brand asal Spanyol ini sudah menuai kontroversi.
Netizen menuding Zara telah mempromosikan standar tubuh wanita yang tidak realistis lewat kampanye produknya. Dalam foto-foto kampanye, Zara menampilkan beberapa model bertubuh ramping dengan kaki jenjang, mengenakan busana dari koleksi yang didominasi warna pink tersebut.

Namun menurut netizen, para model tersebut tidak sekadar ramping tapi lebih kepada berperawakan kurus. Mereka pun protes karena Zara telah menampilkan tipe tubuh boneka Barbie yang selama ini dikritik karena telah memengaruhi para remaja perempuan dan wanita muda untuk terobsesi bertubuh kurus.

"Saat gangguan pola makan sedang didiskusikan sebagai sesuatu yang berbahaya bagi wanita muda, koleksi yang merayakan boneka plastik dengan proporsi tubuh yang tidak mungkin dicapai oleh manusia nyata jadi terkesan buta isu," tulis kritikus, seperti dikutip dari News.com.au."Keunggulan Barbie adalah dia bisa jadi apa saja yang diinginkan: jadi putri, dokter, ibu, astronot dan lainnya. Tapi iklan in justru terlihat mempromosikan Barbie sebagai tipe tubuh yang harus dimiliki wanita," komentar netizen.

"Ini iklan yang menyebalkan, semuanya salah, memalukan kamu Zara!" protes netizen lain.

Sementara netizen lainnya berkomentar kalau koleksi ini termasuk yang paling aneh yang pernah dirilis Zara. "Gimmick dari humasnya mungkin, tapi ini tidak benar!" tulisnya.

Namun tidak semua netizen kontra, ada pula yang membela Zara dengan berpendapat bahwa keberagaman bukan hanya milik wanita bertubuh gemuk atau berisi. Tapi juga wanita yang kurus."Wanita kurus bukannya tidak sehat atau tidak normal (meskipun ada beberapa yang begitu aku tidak menampiknya)," tulis netizen yang pro.


"Saya setuju kita perlu keberagaman tapi juga termasuk di dalamnya orang-orang kurus dan menurut saya tidak adil jika menghina atau menjelekkan yang kurus hanya karena pencitraan media yang merusak," komentar netizen lagi.

Koleksi Zara x Barbie terdiri dari 12 artikel bergaya activewear, seperti hoodie, jogger, atasan lengan panjang, celana pendek, t-shrt hingga baju renang. Zara juga menjual boneka Barbie edisi khusus yang seluruh hasil penjualannya akan disumbangkan ke organisasi non-profit untuk pengembangan aktivitas edukasi anak tak mampu.

Sumber :wolipop.com

No comments

Powered by Blogger.