Kurangi Stres dalam 5 Menit, Coba Lakukan 4 Cara Ini


SETIAP orang bisa saja mengalami stres baik itu pria, wanita, tua, muda, remaja sekalipun. Terlebih, situasi pandemi Covid-19 memaksa kita tetap di rumah dan sulit bertemu dengan orang.

Menghimpun Today, berikut di bawah ini paparan singkat tips dari para ahli untuk mengurangi stres. Empat cara ini, hanya perlu dilakukan selama lima menit saja.

Pernapasan

Cara satu ini direkomendasikan oleh Dr. Marlynn Wei, psikiater di New York. Latihan pernapasan berirama dikatakan jadi latihan yang baik untuk mengurangi stres.

Pertama, setel timer selama tiga menit, lalu fokus pada napas Anda, tarik napas dalam-dalam melalui hidung sambil berhitung sampai lima, tahan napas selama lima hitungan, lalu buang napas selama lima hitungan.

Ulangi gerakan ini selama tiga menit, rasakan bagaimana napas jadi lebih dalam. Tidak hanya untuk stress, tapi cara ini bisa dilakukan saat kita merasa lelah.

Stres

Rehat dari segala gadget

Terus-menerus memeriksa ponsel, memeriksa notifikasi terbaru bisa membuat diri kewalahan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sangat terikat dengan gadget dan teknologi. Email, pesan teks, sosial media yang semuanya sangat membuat ketagihan. Ambil rehat sejenak, jauhkan diri dari ponsel dan gadget lainnya, selama 5 menit.

Di masa golden pause ini, kita bisa memusatkan fokus pada diri dan perasaan diri sendiri. Tutup mata, ambil napas perlahan, dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan atau sesuatu yang bisa kita syukuri. Studi penelitian menyebutkan, fokus pada rasa syukur meningkatkan level kebahagiaan seseorang loh.

Mendengarkan musik yang menenangkan

Emmeline Edwards, Ph.D, Direktur Divisi Riset Ekstramural di National Institutes of Health, mengatakan terapi musik juga bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai di mana pun kita berada.

Sebab, korteks pendengaran terhubung ke area lain di otak yang terhubung ke sistem reward, sistem motorik, pusat motivasi dan regulasi emosi. Faktanya, penelitian menunjukkan musik dapat membantu orang yang menghadapi gangguan terkait stres, depresi ringan, dan kecemasan.

Minum secangkir teh

Cara simpel lainnya yang disarankan Dr. Marlynn Wei, yakni dengan menyesap secangkir teh (pilih yang tak mengandung kafein). Saat menikmati secangkir teh, jauhkan ponsel dan cobalah fokus untuk merasakan cita rasa, temperature, sampai aroma dari teh itu sendiri.

Fokus pada sesuatu yang menenangkan, meskipun tidak bisa sepenuhnya menjauh dari penyebab stres tapi kita bisa menggunakan secangkir teh ini jadi sinyal untuk rehat, jeda sejenak.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.