Lezatnya Bika Bakar, Menu Unik Buka Puasa Khas Bukittinggi


Bika bakar khas Bukittinggi. (Foto: Ahmad Ridwan Nasution/iNews TV)

BERBAGAI jenis kuliner unik untuk buka puasa ada di Kota Medan, Sumatera Utara. Salah satunya adalah bika bakar yang merupakan kue khas Bukittinggi. Penganan ini belakangan banyak diburu warga untuk menu buka puasa.

Bagi kebanyakan masyarakat Kota Medan ketika mendengar kata bika ialah oleh-oleh khas Medan, seperti bika ambon. Namun bagi masyarakat Minang, bika merupakan jajanan yang terbuat dari bahan sederhana, seperti tepung beras, kelapa, dan gula. Kemudian dimasak dengan cara dibakar menggunakan sabut kelapa.

Di Kota Medan, bika bakar khas Bukittinggi ini menjadi menu buka puasa yang kerap diburu warga. Selain rasanya enak, jajanan ini juga sangat lembut dengan aroma bakaran yang sangat khas.

Kue khas yang sudah ada selama puluhan tahun di Medan ini banyak dijajakan di Jalan Utama Ujung. Satu porsi bika bakar hanya dibanderol Rp2.000. 

"Di bulan Ramadhan, selalu menambah stok, karena banyaknya permintaan dari pembeli. Dibanding tahun lalu, kue bika bakar saat ini meningkat hingga 50 persen," kata Nurmalis, salah seorang pedagang bika bakar.

Untuk menikmatinya jajanan ini lebih nikmat disajikan dalam keadaan hangat sebagai camilan berbuka puasa, ditambah segelas teh atau kopi.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.