Mobil Sport Toyota 86 Ganti Nama dan Pakai Jantung Pacu Baru

Rabu, April 07, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



 Toyota GR 86 telah mendebut pada Minggu (4/4), lima bulan setelah generasi kedua Subaru BRZ muncul ke publik. Ada dua hal paling menarik pada mobil sport dua pintu ini, yaitu soal penggantian nama dari 86 dan kini lebih bertenaga.

Mobil ini awalnya bernama 86, namun sekarang disebut GR 86 yang diambil dari nama Gazoo Racing, merek performa dan motorsport Toyota. Sebelumnya Toyota sudah meluncurkan GR Supra dan GR Yaris.

Walau ganti nama, mobil ini tetap dikembangkan memakai platform yang sama dengan BRZ. Komposisinya juga tetap serupa, yakni mobil coupe 2+2 penumpang, gerak roda belakang, dan mesin Boxer di depan.
GR 86 menggunakan mesin yang sama seperti BRZ terbaru, 2.400 cc non turbo, 4-silinder. Belum ada pernyataan resmi dari Toyota soal besar tenaganya, namun bisa diasumsikan mirip BRZ, yaitu 228 hp dan 250 Nm.

Dibanding mesin Boxer 2.000 cc sebelumnya, mesin ini naik 23 hp dan 28 Nm.

Menurut Toyota mesin baru punya respons lebih cepat sehingga kemampuan GR 86 untuk 0-100 km per jam hanya 6,3 detik. Ini sedetik lebih cepat dibanding model lama.

Transmisi manual 6-percepatan merupakan pilihan standar, namun Toyota juga menyediakan versi otomatis 6-percepatan. Khusus otomatis dibekali fitur keselamatan Subaru, EyeSight.


Toyota menjelaskan GR 86 memiliki bodi hampir serupa model sebelumnya, ini tujuannya agar kemampuan manuver tetap bisa dipertahankan. Meski begitu mobil ini mendapatkan ornamen baru seperti lampu depan, lampu belakang, dan grill.
Autoweek menjelaskan, berat GR 86 varian manual hanya 1.270 kg, hanya naik sekitar 11 kg dari sebelumnya. Upaya membuatnya tetap ringan berkat penggunaan panel alumunium pada atap dan fender serta jok dan knalpot yang ringan.

Spesifikasi yang disebutkan di atas merupakan versi Jepang, GR 86 akan dijual di sana pada tahun ini. Belum ada pernyataan resmi soal harga.

GR Supra dan GR Yaris sudah dijual di Indonesia, menimang strategi seperti ini ada kemungkinan GR 86 juga segera bisa dibeli di Indonesia

Sumber :CNN

0 comments: