Mulai 1 Mei Masuk Singapura Wajib Punya IATA Travel Pass

Pemandangan Jewel Changi Airport di Singapura. (Roslan RAHMAN / AFP)

 

Sertifikat kesehatan digital akan menjadi fitur utama dalam perjalanan udara di masa depan pascapandemi COVID-19.

IATA Travel Pass merupakan "dompet digital" penyimpanan dokumen syarat perjalanan tambahan selain paspor, visa, dan tiket pesawat.

Aplikasi yang bisa diunduh di telepon genggam ini merupakan kerja sama antara Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) dengan pemerintah setempat dan maskapai penerbangan.

Di dalam aplikasi itu, penumpang bisa mengunggah data hasil tes kesehatan sampai vaksinasi serta mencari informasi mengenai syarat perjalanan ke suatu tempat dan lokasi tes kesehatan di sana.

Mengutip keterangan resmi pada Rabu (7/4), Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) menyambut baik penerimaan Singapura atas hasil tes PCR COVID-19 pra-keberangkatan pada IATA Travel Pass.

Mulai 1 Mei 2021, penumpang yang bepergian ke Singapura wajib menggunakan IATA Travel Pass untuk membagikan hasil tes COVID-19 PCR pra-keberangkatan mereka pada saat check-in dengan maskapai penerbangan mereka, serta pada saat kedatangan di pos pemeriksaan imigrasi di Bandara Internasional Changi.

Ini adalah bagian dari kolaborasi berkelanjutan antara Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) dan IATA.

Jadi jika hendak ke Singapura dalam waktu dekat, cari informasi lebih lanjut tentang IATA Travel Pass kepada maskapai penerbangan yang digunakan.

Saat ini ada lebih dari 20 maskapai penerbangan telah mengumumkan uji coba IATA Travel Pass.

Dalam situs resmi IATA per Rabu (7/4), uji coba IATA Travel Pass sedang dilakukan oleh maskapai; Japan Airlines, Singapore Airlines, Qatar Airways, Emirates, Etihad, IAG, Malaysia Airlines, Copa Airlines, RwandAir, Air New Zealand, Qantas, airBaltic, Gulf Air, ANA, AirSERBIA, Thai Airways, Thai Smile, Korean Air, Neos, Virgin Atlantic, Ethiopian, Vietjet AIr, dan Hong Kong Airlines.

Peluncuran aplikasi IATA Travel Pass di iOS dijadwalkan pada pertengahan April 2021 dan peluncuran di android pada akhir April 2021.

Saat ini IATA juga tengah menggodok kemungkinan IATA Travel Pass dalam bentuk kertas bagi calon penumpang yang tak memiliki telepon genggam.

Informasi lebih lanjut mengenai IATA Travel Pass untuk masuk Singapura bisa diketahui di sini.

Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.