Pesawat latih jet Brave Eagle diuji di pangkalan tenggara Taiwan

Pada akhir 2024, pangkalan Taitung akan menampung 33 pesawat latih jet tingkat lanjut

Pelatih jet tingkat lanjut di Pangkalan Angkatan Udara Zhihang di Kabupaten Taitung. (Foto CNA)

TAIPEI - Pesawat latih jet canggih (AJT) “Brave Eagle” asli telah muncul di dekat Pangkalan Angkatan Udara Zhihang di Kabupaten Taitung, menarik para pecinta pesawat ke rumah baru mereka, laporan mengatakan Kamis (22 April).

Jet baru akan mulai dikerahkan di pangkalan pada akhir tahun, dengan pesanan penuh 66 dijadwalkan untuk pengiriman pada akhir 2026. Pesawat akan menggantikan F-5 buatan AS, yang telah melayani Taiwan untuk beberapa. 35 tahun dan telah dilanda kecelakaan fatal.

Setelah tersiar kabar bahwa jet latih terlihat lepas landas dan mendarat di pangkalan pada hari Rabu (21 April), pengamat pesawat berkumpul di tepi sungai Taiping di dekatnya, CNA melaporkan.


Menurut jadwal resmi Kementerian Pertahanan Nasional, hanya dua dari pesawat baru yang akan ditempatkan di Zhihang pada akhir tahun ini, dengan 31 lainnya akan menyusul sebelum akhir 2024.

ATJ dibangun oleh Aerospace Industrial Development Corporation (AIDC, 漢 翔 航空 工業). Perusahaan itu mengatakan awal tahun ini telah menyelesaikan tesnya pada pesawat, meninggalkan Angkatan Udara untuk melakukan tesnya sendiri.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.