Ragam Tradisi Unik Perayaan Paskah di Dunia

Perayaan Paskah di tiap negara memiliki kebiasaan unik mengikuti tradisi adat serta budaya negara tersebut. Berikut 7 tradisi unik perayaan Paskah di dunia. (Foto: AFP PHOTO / Jorge Guerrero)

Kelinci dan telur hias seakan menjadi bagian dari tradisi umum yang melekat selama momen Paskah. Namun, terdapat banyak tradisi Paskah yang berbeda di berbagai belahan dunia.

Perayaan Paskah di masing-masing negara memiliki ciri dan kebiasaan unik mengikuti tradisi adat serta budaya negara tersebut. Berikut ragam tradisi unik perayaan Paskah di dunia.

1. Perancis

Sebagai salah satu negara dengan penduduk yang majemuk dari berbagai negara, membuat tradisi Paskah di Perancis menjadi begitu beragam.

Salah satunya tradisi Paskah di sebuah desa bernama Bessières dekat Toulouse. Mengutip Standard, pada setiap momen Paskah, masyarakat desa di wilayah ini selalu membuat telur dadar raksasa dari 15.000 telur yang dimasak beramai-ramai oleh 40 juru masak.

Setelah matang, telur disajikan dengan roti dan dinikmati seluruh penduduk desa.


2. Cekoslowakia

Setiap Paskah para wanita di Ceko dan Slowakia bermawas diri. Pasalnya tradisi Paskah di negara tersebut sedikit nyentrik, yaitu pria akan memakai kostum khusus sambil mencambuk para wanita dengan batang pohon willow.

Merujuk laman Wanderlust, tradisi tersebut bukan bermaksud menyakiti, namun sebagai simbol keberuntungan dan kesuburan.


3. Norwegia

Cover Fokus Wisata Horor di JakartaFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Ilustrasi tradisi unik perayaan Paskah di dunia: Penduduk Norwegia merayakan Paskah dengan menikmati hiburan thriller.

Penduduk Norwegia mempunyai cara unik tersendiri menikmati tradisi dan libur Paskah. Mereka tidak menghias telur atau memecahkan kelinci berisi cokelat seperti masyarakat pada umumnya.

Penduduk Norwegia memiliki tradisi bernama Paskekrimmen, sebuah tradisi Paskah yang diisi dengan aktivitas membaca, menonton, dan mendengarkan cerita kriminal ataupun thriller.

Sajian cerita kriminal dan thriller bertajuk 'Easter Thrillers' ini disiarkan di radio, TV, sampai tayangan iklan.


4. Polandia

Revellers splash water over each other during a mass water fight as they celebrate Songkran, the Thai New Year, on Silom Road in Bangkok on April 13, 2018. / AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHAFoto: AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA
Ilustrasi tradisi unik perayaan Paskah di dunia: Masyarakat Polandia merayakan Paskah dengan Smigus Dyngus atau perang air.

Polandia memiliki tradisi Paskah unik yang agak mirip dengan Festival Songkran di Thailand. Pada saat Paskah, orang Polandia menyelenggarakan Smigus Dyngus.

Sebuah tradisi yang awalnya pria akan menyatakan cinta pada para wanita lajang. Kemudian dilanjutkan dengan acara perang air. Para warga akan mengambil wadah atau benda apa pun yang bisa diisi air untuk digunakan menyiram siapa saja yang ada di dekatnya.

5. Finlandia

A participant in a Halloween zombie walk event poses in Essen, western Germany on October 31, 2019. (Photo by INA FASSBENDER / AFP)Foto: INA FASSBENDER / AFP
Ilustrasi tradisi unik perayaan Paskah di dunia: Masyarakat Finlandia merayakan Paskah mirip dengan tradisi Halloween.

Paskah adalah hari raya tahunan yang penting bagi umat Kristen di tempat berjuluk negara 1.000 danau ini. Dalam tradisi Paskah, anak-anak Finlandia khususnya perempuan akan berdandan seperti momen Halloween.

Mereka akan berpakaian menyerupai nenek sihir lengkap dengan peralatan sihir seperti sapu terbang saat Paskah. Anak-anak Finlandia akan berkeliaran mengetuk pintu rumah-rumah untuk mengusir roh jahat dan meminta imbalan permen atau camilan.


6. Filipina

A penitent tied with a rope round the neck carries a cross during the 'El Ensogado' (The roped) procession on Easter Holy Week's Maundy Thursday in the northern Spanish village of Sietamo on March 29, 2018.
Christian believers around the world mark the Holy Week of Easter in celebration of the crucifixion and resurrection of Jesus Christ. / AFP PHOTO / ANDER GILLENEAFoto: AFP PHOTO / ANDER GILLENEA
Ilustrasi tradisi unik perayaan Paskah di dunia: Masyarakat Filipina merayakan Paskah dengan melakukan aksi seperti kisah penyaliban Yesus.

Penduduk Filipina mayoritas adalah pemeluk agama Katolik. Mereka sangat bersemangat dalam merayakan libur Paskah.

Di negara ini, masyarakatnya punya tradisi nyentrik dalam merayakan Paskah. Setiap tahunnya di banyak tempat di Filipina orang-orang mencoba mencambuk punggung sendiri dan menggunakan mahkota duri.

Bahkan di antaranya ada yang mempraktikkan seperti penyaliban Yesus dengan memaku tangan dan kaki di kayu salib. Gereja Katolik Roma sampai menolak cara merayakan Paskah ini karena dianggap terlalu keras.


7. Spanyol


Tradisi perayaan Paskah di dunia yang nyentrik terakhir adalah tradisi melompati bayi dengan kostum setan tradisional berwarna kuning di Spanyol.

Tradisi Paskah ini dikenal dengan nama tradisi El Salto del Colacho yang dirayakan 60 hari setelah Paskah. Tradisi El Colacho ini diyakini masyarakat setempat dapat mengusir roh jahat serta menyucikan dosa yang ada pada bayi.


Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.