Ratusan TKI yang Pulang ke Jatim Dikarantina di Wisma Asrama Haji Surabaya



Gelombang Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKI mudik ke Jawa Timur mulai berdatangan hari ini, Rabu. Hari ini ada 431 TKI yang kontraknya habis tiba di Bandara Juanda.

"Hari ini tiba 431 PMI. Mereka ini gelombang pertama yang menerapkan prokes karantina," ujar Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu saat dikonfirmasi detikcom.

Himawan menjelaskan, kedatangan 431 TKI tersebut tiba dari dua negara berbeda. Yakni Singapura dan Malaysia menggunakan pesawat Scoot Tiger TR262, Malaysia Air Asia QZ 321, dan Malaysia JetStar 3K247.

"PMI tersebut langsung diswab. Dan akan masuk karantina terlebih dahulu di Wisma Asrama Haji Surabaya selama 2 hari diantar Bus Pemprov yang dikelola Dishub Jatim. Barang bawaan penumpang dikelola truk Kodam Brawijaya," bebernya.

Setelah 2 hari karantina dan dinyatakan negatif COVID-19, lanjut Himawan, maka mereka lanjut dikarantina di daerah asal masing-masing. Namun jika PMI ada yang dinyatakan positif COVID-19, akan diisolasi di RS Lapangan Indrapura atau RS Darurat.

Koordinator Pelayanan Umum RS Lapangan Indrapura Letnan Kolonel dr Nugraha Wicaksana menjelaskan, pihaknya siap menampung PMI bila dinyatakan positif COVID-19.

"Bagi yang terkonfirmasi positif COVID-19 akan dikirim ke RSLI untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," imbuhnya.

Selain mempersiapkan tugas khusus penanganan TKI, pihaknya juga terus meningkatkan performa dan kualitas layanan bagi para pasien COVID-19. Utamanya, mengantisipasi kemungkinan melonjaknya angka penderita COVID-19 pasca ldul Fitri. Dari beberapa kali momentum setelah liburan, selalu terjadi kenaikan jumlah penderita COVID-19.


Sumber :Detiknews

No comments

Powered by Blogger.