Siap Sambut Wisatawan Lokal, Wisata Pacitan Terapkan Sistem Buka Tutup



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, masyarakat bisa berwisata lokal sebagai alternatif wisata ke destinasi di tujuan mudik lantaran kegiatan pulang kampung dilarang. 

Merespons hal tersebut, sebagai salah satu destinasi wisata yang menyuguhi beragam tempat wisata menarik, Kabupaten Pacitan sudah siap dalam menyambut wisatawan lokal pada periode tersebut. 

Hal itu diamini Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Pacitan Andi Faliandra yang menuturkan bahwa tempat-tempat wisata di sana sudah menerapkan sistem buka tutup.

“Kami di pintu masuk barat yang paling banyak dari Solo dan Jogja. Biasanya di titik Kecamatan Punung sudah kita kontrol di situ,” ujar dia, Senin. 

Sebagai contoh jika wisatawan ingin berkunjung ke Pantai Klayar atau Goa Gong, tetapi kedua tempat wisata sudah penuh, pertigaan Kecamatan Punung akan ditutup. Dari sana, para wisatawan akan dialihkan menuju tempat wisata lain, seperti Pantai Watu Karung dan Pantai Buyutan.

“Atau Pacitan kota, mampir ke Pantai Teleng Ria atau Pancer Door. Ke timur diarahkan ke Soge atau Pidakan. Sehingga, kalau biasa pertama ke Klayar, nanti datangnya baru siang atau sore,” kata Andi. 

Adapun, sistem buka tutup tersebut merupakan langkah untuk memecah keramaian, sehingga suatu tempat wisata tidak akan melewati batas maksimal kunjungan wisatawan selama pandemi.

Sementara untuk kesiapan lainnya, saat ini seluruh tempat wisata di Kabupaten Pacitan telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar. Selain itu, untuk Goa Gong, tempat wisata tersebut membatasi kunjungan maksimal 30 menit di dalam goa untuk maksimal 30 wisatawan.


Sumber :Kompas.com

No comments

Powered by Blogger.