Sneakers Yeezy Kanye West Laku Rp26 M, Termahal di Dunia



  Sneakers Nike Air Yeezy 1 yang pernah dipakai rapper Kanye West terjual US$1,8 juta (sekitar Rp26 miliar) oleh balai lelang Sotheby. Angka ini tiga kali lebih mahal dari Nike Air Jordan 1 yang laku pada Agustus 2020 seharga US$615 ribu (sekitar Rp8,9 miliar) di balai lelang Christie.
Yeezys model high top yang terjual pernah dipakai West di panggung Grammy Awards 2008 saat dia membawakan 'Hey Mama' dan 'Stronger'.

Sepatu itu merupakan prototipe hasil kolaborasi antara Nike dan West. Model ini baru mulai dijual ke publik pada April 2009.Sepatu ini disediakan oleh RARES yang membeli dari kolektor sepatu Ryan Chang. Sotheby mengestimasikan sepatu terjual US$1 juta, namun kenyataannya melebihi ekspektasi.

Rekor penjualan sepatu telah pecah beberapa kali belakangan ini menimang pasar khusus ini mulai menarik perhatian masyarakat luas dan juga kolektor kenamaan.

"Penjualan ini menandai harga termahal dari penjualan sepatu yang pernah diumumkan," tulis pernyataan Sotheby, dilansir dari AFP, Senin (26/4).


Air Yeezy 1 diluncurkan sebagai model terbatas pada 2009, kemudian Air Yeezy 2 pada 2012. Kebanyakan Air Yeezy dijual antara US$2.000 hingga US$4.000 tergantung model.Bloomberg menjelaskan sepatu Yeezy telah menghasilkan nyaris US$1,7 miliar pendapatan pada 2020 menurut laporan internal bank UBS. Menurut perusahaan finansial Cowen, penjualan sepatu di pasar kolektor bisa senilai US$30 miliar pada 2030.

Air Jordan 1s yang dijual Christie pada Agustus pernah dipakai Michael Jordan pada 1985 saat bertanding di Italia di mana dia melakukan dunk hingga memecahkan kaca.

Penjualan sepatu ini memecahkan rekor sebelumnya pada Mei 2020 atas sepatu Air Jordan 1 yang terjual US$560 ribu.

Sumber :cnn.indonesia

No comments

Powered by Blogger.