Taiwan bersedia berbagi vaksin COVID lokal dengan sekutunya

Dua vaksin domestik menunjukkan kemanjuran terhadap varian COVID, kemungkinan akan diluncurkan pada Juli

Para peneliti di Medigen Vaccine Biologics Corp. (foto CNA)

TAIPEI - Taiwan bersedia membagikan vaksin virus korona lokal dengan sekutu diplomatik setelah produsen mendapatkan izin penggunaan darurat untuk produk mereka, kata Kementerian Luar Negeri (MOFA) Selasa (20 April).

Selama konferensi pers, Alexander Yui (俞 大 㵢), direktur jenderal Departemen MOFA Urusan Amerika Latin dan Karibia, mengatakan negara tidak akan ragu untuk menyediakan vaksin yang dikembangkan secara lokal kepada sekutu setelah permintaan domestik terpenuhi. Dia mengatakan menggunakan vaksin sebagai bantuan luar negeri tentu akan menjadi pilihan bagi pemerintah Taiwan, seperti yang disarankan Menteri Kesehatan Chen Shih-chung (陳 時 中) sebelumnya.

Yui mengatakan beberapa sekutu telah menghubungi Taiwan tentang vaksinnya dan bahwa pemerintah membantu mereka memenuhi permintaan dengan melibatkan negara-negara lain yang berpikiran sama. Dia menambahkan, negara telah menyediakan masker dan peralatan medis lainnya kepada mitranya sejak tahun lalu.

Ketika ditanya tentang upaya Beijing untuk memikat Paraguay agar memutuskan hubungan dengan Taiwan dengan imbalan suntikan, Yui meyakinkan pers bahwa hubungan bilateral dengan negara Amerika Selatan itu tetap stabil. Dia mengatakan krisis berkurang setelah Taiwan membantu Paraguay mengamankan sejumlah besar dosis dari India.



Awal pekan ini, dua produsen vaksin Taiwan - Medigen Vaccine Biologics Corp. (高端 疫苗) dan United Biomedical (聯 亞 生 技) - mengumumkan bahwa kandidat vaksin mereka telah memasuki uji klinis fase 2. Mereka mengatakan tes antibodi untuk calon vaksin menunjukkan kemanjuran yang memuaskan terhadap varian dari Inggris dan Afrika Selatan.

Taiwan saat ini mengelola dosis vaksin AstraZeneca yang dibeli langsung dari perusahaan dan diamankan melalui COVAX. Pusat Komando Epidemi Pusat mengatakan negara itu kemungkinan akan menerima 5,05 juta dosis vaksin Moderna pada Mei dan suntikan domestiknya siap pada Juli. 


Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.