Ternyata Ini yang Bikin Rasa Kopi dari Tiap Daerah Berbeda-beda

Ilustrasi. (Foto: Freepik)


KENIKMATAN menyesap kopi tentu bergantung dengan cita rasa biji kopi. Ternyata untuk mendapat tingkat rasa biji kopi enak, tergantung tekstur tanah penanaman dan cuaca loh.

Dijelaskan Head of Kopi Kenangan Mikael Jasin, tekstur tanah untuk menanam pohon kopi sangat memengaruhi cita rasa. Karena namanya produk alam, jadi kalau tanahnya enggak sehat, berarti produk enggak bagus.

"Sama seperti di rumah, kalau ada tanaman enggak bagus, enggak dirawat maka bisa mati," katanya saat Coffee Class Webinar "Kelas Kenangan".

Begitu juga dengan kopi, kalau tanah vulkanik dekat gunung berapi, misalnya daerah Banjarnegara, Flores dan Sumatera Utara, maka rasanya lebih unik.

Juga di Indonesia Timur, menurut Miki, tanahnya cenderung kering dan jarang hujan, maka cita rasa kopi cenderung mirip cokelat. Berbeda dengan Sumatera Utara punya curah hujan tinggi, cita rasa biji kopi juga berbeda.

"Jadi meski 1 negara tapi kondisi iklim beda, maka rasa beda," pungkasnya.

Maka tak jarang biji kopi ini jadi unggulan di masyarakat. Hampir semua di kedai kopi, biji asal Sumatera Utara, Flores atau Banjarnegara diblend menjadi satu.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.