Tips Cegah Kanker Payudara Meski Keluarga Punya Riwayat

Kanker payudara (Foto: Caicl)


Salah satu faktor risiko kanker adalah riwayat keluarga dengan masalah kesehatan yang sama. Meski, penyebab utama dari kanker payudara belum bisa diketahui, tapi itu yang kemudian diwaspadai Angelina Jolie.

Ya, aktris Hollywood itu melakukan serangkaian treatment pencegahan kanker setelah tahu keluarganya ada yang mengidap kanker, salah satunya adalah membuang payudaranya karena sang ibu meninggal dunia pada usia 56 tahun akibat kanker ovarium pada Januari 2007.

 angelina jolie

Karena riwayat itu, kemungkinan Angelina Jolie mengidap kanker rahim sebanyak 50 persen. Meski begitu, hanya sebagian kecil dari kanker payudara yang merupakan mutasi gen yang diturunkan.

Di sisi lain, pasti ada orang di luar sana yang senasib dengan Angelina Jolie bahwa mereka punya anggota keluarga yang terkena kanker dan khawatir akan punya masalah yang sama. Lantas, apa upaya pencegahan yang bisa dilakukan supaya risiko kankernya dapat ditekan selain melakukan operasi?

Diterangkan Ahli Onkologi RS Omni Hospital Alam Sutera, Dr. dr. Denni Joko Purwanto, Sp.B(K) Onk, MM, sampai saat ini dokter tidak ada yang dapat mengetahui penyebab utama kanker payudara. "Yang kami tahu adalah faktor risiko dari kanker tersebut," katanya dalam webinar 'Cegah Kanker, Deteksi Dini Sekarang Juga', Rabu (21/4/2021).

Soal upaya pencegahan kanker jika punya riwayat keluarga yang dapat dilakukan, ada beberapa poin yang coba disarankan dr Denni, berikut ulasannya:

1. Cek kesehatan secara berkala

"Ini penting dan yang paling mudah dilakukan adalah pemeriksaan SADARI. Nah, kalau Anda tahu bahwa ada benjolan saat diraba, kelainan kulit, atau keluarnya cairan dari puting payudara, segeralah berkunjung ke dokter untuk konsultasi," terangnya.

2. Hindari gaya hidup yang dapat meningkatkan faktor risiko kanker payudara

Gaya hidup yang bisa dilakukan adalah menghindari obesitas, gerak tubuh diperbanyak secara baik, kemudian juga istirahat yang cukup. "Sekarang ini kita setiap hari pegang ponsel, komputer, atau laptop, ingat tetap harus istirahat," katanya.

3. Hindari stres

Upaya lain yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan kanker meski ada riwayat keluarga adalah hindari stres. Sebisa mungkin, di bulan baik ini, Anda menahan diri dari amarah dan hal lain yang dapat membuat Anda stres.

"Beberapa upaya ini jika dilakukan dengan baik, benar, dan disiplin akan menekan faktor risiko kanker sekalipun Anda punya riwayat keluarga yang memiliki kanker," tambah dr Denni.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.