Tips Sehat Buka Puasa, Cobain Deh 4 Minuman Jus Ini


Ilustrasi minuman jus. (Foto: Racool Studio/Freepik)

KETIKA waktu buka puasa tiba, banyak orang mengonsumsi berbagai makanan tanpa memikirkan baik atau buruknya. Padahal, dianjurkan mendahulukan berbuka puasa dengan asupan yang manis untuk mengembalikan energi yang hilang setelah puasa seharian. Salah satunya adalah minuman jus.

Minuman jus yang direkomendasikan bisa berupa jus buah atau sayuran. Pasalnya, minuman jus buah atau sayuran mengandung banyak nutrisi dan bakal memberikan kesehatan pada tubuh, kemudian tidak menimbulkan efek samping.

Nah, minuman jus apa saja yang baik dikonsumsi saat buka puasa? Berikut daftarnya, sebagaimana dikutip dari laman Times of India.

1. Jus wortel

Manfaat kesehatan dari jus wortel menjadikannya salah satu sayuran paling serbaguna yang digunakan untuk manisan, sup, dan jus. Dipenuhi dengan kebaikan beta karoten, serat, vitamin K1, kalium, dan antioksidan, wortel menghasilkan dosis kesehatan yang luar biasa.

Sayuran akar yang menakjubkan ini membantu menyembuhkan mata minus dan meningkatkan penglihatan, mengurangi kolesterol, membantu meningkatkan pencernaan dan membantu penurunan berat badan.

2. Jus labu

Jus Labu mungkin terdengar tidak biasa, tetapi manfaat kesehatan dari jus sayuran ini akan membuat Anda jatuh cinta dengan sayuran manis ini. Dipenuhi dengan kebaikan vitamin D, B1, B2, B6, C, E dan mineral seperti tembaga, magnesium, besi, serta fosfor.

Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan madu, jus jeruk nipis, dan bahkan beberapa daun mint. Mengonsumsi sayuran ini dalam bentuk alami membantu dalam mempertahankan manfaat kesehatan.

Tidak hanya itu, minum segelas penuh jus ini tidak hanya akan membantu meningkatkan imunitas dalam tubuh, tetapi pada saat yang sama itu berfungsi baik bagi orang yang menderita penyakit hati, ginjal, atau batu empedu. Antioksidan yang terkandung dalam jus labu membantu dalam menyumbat arteri dan mengurangi risiko stroke serta penyakit jantung.

Jus sayur. (Foto: Marijana1/Pixabay)

3. Jus mentimun

Jus mentimun sarat dengan nutrisi seperti folat, asam pantotenat, zat besi, silika, Vitamin K, Vitamin C, magnesium, fosfor, riboflavin, B-6, kalsium dan seng. Terlebih lagi untuk orang yang sedang diet, menambahkan mentimun ke menu harian bisa membantu meningkatkan imunitas, melawan penyakit musiman dan alergi.

Selain itu mentimun juga baik membantu pencernaan, meredakan sembelit karena adanya serat, melembabkan dan mendinginkan tubuh, serta membantu dalam pengelolaan berat badan. Segelas jus mentimun yang tinggi juga dapat bekerja luar biasa dalam mendetoksifikasi tubuh.

4. Jus bit

Jus buah bit dipenuhi dengan kebaikan alam, bit penuh dengan nutrisi seperti folat (vitamin B9), mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C. Jus bit dan jus bit telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan aliran darah, dan tekanan darah rendah.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.