Topan Surigao akan datang paling dekat ke Taiwan pada 22 April

Surigao akan membawa hujan ke Taiwan timur pada 22 April, cuaca yang lebih basah akan menyusul

Peta satelit NOAA di Pasifik Barat.

TAIPEI - Topan Surigae diproyeksikan datang paling dekat ke Taiwan pada Kamis (22 April), ketika akan membawa hujan ke Taiwan timur, sementara negara itu akan melihat lebih banyak hujan selama akhir pekan karena sistem awan tiba dari utara.

Ahli meteorologi dan CEO WeatherRisk Explore Inc Peng Chi-ming (彭啟明) pada Selasa (20 April) memperkirakan bahwa Surigae akan datang paling dekat ke Taiwan pada Kamis, saat hujan akan turun ke Taiwan timur hingga Jumat (23 April). Setelah topan bergerak ke timur, sistem awan diperkirakan bergeser ke selatan dari China dan membawa lebih banyak curah hujan dari Minggu hingga Senin (25 hingga 26 April).

Peng mengatakan bahwa pada Selasa pagi, Topan Surigae berada 910 kilometer tenggara titik paling selatan Taiwan Eluanbi, bergerak ke barat laut dengan kecepatan 11 kilometer per jam (kpj). Topan memiliki radius 280 km dan membawa angin berkelanjutan maksimum 183,6 kilometer per jam, dengan hembusan hingga 226 kilometer per jam, menurut Biro Cuaca Pusat (CWB).

Peng memperkirakan bahwa pada Kamis, Surigae akan berada 500 hingga 600 kilometer tenggara Taiwan, dan lingkaran badai akan berada 200 hingga 300 kilometer jauhnya. Dia mengatakan meskipun topan tidak mungkin berdampak langsung ke Taiwan, gelombang besar masih diperkirakan terjadi di sepanjang pantai tenggara selama beberapa hari mendatang.

Topan Surigae akan datang paling dekat ke Taiwan pada 22 April
Citra satelit CWB Pasifik Barat.

Menurut Peng, badai di pinggiran pada hari Kamis kemungkinan akan membawa curah hujan ke Taiwan timur. Namun, dia memperkirakan langit cerah dan kondisi stabil untuk Taiwan barat selama periode ini.

Saat topan mulai berputar menjauh dari Taiwan pada hari Jumat (23 April), Peng mengatakan sistem awan akan bergeser ke selatan ke negara itu dari China. Dia menegaskan bahwa cuaca mendung ini akan membawa lebih banyak kelembapan selama akhir pekan dan berlama-lama di negara itu dari Minggu hingga Senin, meningkatkan kemungkinan hujan selama periode itu.


Dia mengatakan bahwa topan dan sistem awan ini mungkin tidak akan membawa banyak bantuan kekeringan selama beberapa hari mendatang. Namun demikian, mengingat Taiwan hanya mengalami sedikit curah hujan di bulan April, akhir pekan ini curah hujan paling banyak terlihat sejauh bulan ini.

Mengenai suhu, Peng mengatakan bahwa mengingat langit berawan hingga cerah di Taiwan hari ini, merkuri akan mulai naik, dengan suhu berkisar antara 20 dan 27 derajat di Taiwan utara, 21 dan 30 derajat di Taiwan tengah dan selatan, dan 20 hingga 24 derajat di Taiwan timur. Akan ada kemungkinan hujan lokal di Taiwan selatan, tetapi kemungkinannya kurang dari dua hari sebelumnya.

Secara umum, suhu akan mengikuti pola ini selama beberapa hari mendatang, terutama saat topan paling dekat dengan Taiwan pada hari Kamis, di mana kondisi saat itu akan terasa "lembab," menurut Peng.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.