Trik Bisnis Penjual Helm Palsu, Banyak Orang Bisa Tertipu



Mega Karya Mandiri (MKM), produsen helm Cargloss, membeberkan salah satu trik bisnis helm palsu yang terjadi belakangan ini. MKM menjelaskan trik ini diketahui setelah menelusuri keterangan agen dan toko yang bekerja sama.

MKM mengatakan Cargloss adalah salah satu merek yang sudah menjadi korban pebisnis helm palsu. Endin Nasrudin, General Manager MKM, mengatakan, helm Cargloss yang paling banyak diincar untuk dipalsukan adalah jenis retro.

Helm retro Cargloss disebut Endin dijual seharga Rp230 ribuan, sementara yang palsu bisa dibeli cuma Rp150 ribu. Harga murah dikatakan salah satu faktor konsumen mau membeli helm palsu.

Endin bilang toko helm akan mendapat tawaran pasokan helm dari distributor helm palsu. Helm palsu ini sengaja didesain mirip Cargloss tapi tanpa tertuliskan merek, meski begitu setiap helm disertakan stiker 'Cargloss' yang bisa ditempel oleh penjual.

"Mereka mungkin khawatir tertangkap penipuan, tetapi mereka bawa stiker dan baru ditempel saat mau dijual," kata Endin dalam konferensi pers virtual.

Endin mengatakan stiker menjadi salah satu cara konsumen membedakan helm asli dan palsu. Kata dia helm asli Cargloss menggunakan stiker yang ditutupi lapisan clear coat saat proses produksi jadi tidak bisa dicopot.

Kabar helm Cargloss dipalsukan disebut Endin datang dari pihak toko. Bahkan dia bilang sudah ada pihak toko yang membuat video khusus untuk edukasi ke masyarakat.

Bukan hanya itu, helm palsu Cargloss juga dikatakan terang-terangan dijual di e-commerce, bahkan penjual disebut berani menulis judul barang 'Cargloss KW'. Endin menjelaskan sudah menegur penjual ini karena menjual barang palsu, sebagian dikatakan mengerti dan berhenti menjualnya.

Sejauh ini pihak MKM belum ingin melaporkan kasus penipuan helm ini ke otoritas tertentu, misalnya kepolisian atau Kementerian Perindustrian. Menurut Endin pihaknya juga belum mengukur seberapa jauh kerugian perusahaan atas kasus ini, sementara penjualan terus naik dari tahun ke tahun kata dia.

Walau begitu Endin mengaku khawatir atas helm palsu Cargloss jika digunakan masyarakat sebab kualitasnya jauh di bawah yang asli. MKM sudah menguji langsung produk helm palsu menggunakan alat di pabrik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), hasilnya di bawah standar.

"Kami juga sudah sharing dengan konsultan hukum, sementara ini belum sampai ke situ dulu. Mungkin kita akan coba pengarahan ke agen atau toko yang menjual helm seperti ini," kata Endin.


Sumber :CNN Indonesia



No comments

Powered by Blogger.