Uniknya Durian Si Gundul, Kulitnya Tidak Berduri dan Rasanya Manis-Pahit


Durian si gundul khas NTB. (Foto: Tangkapan layar YouTube Thosin Channel)

PULAU Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki keindahan alam yang memesona. Selain itu, kulinernya juga tidak kalah menarik. Di kawasan wisata ini ternyata ada buah khas yang rasanya sangat lezat yaitu durian si gundul.

Jenis durian si gundul ini berbeda dengan yang biasa ditemui. Bentuknya menyerupai buah kelapa dan tidak memiliki duri sama sekali.

Sebagaimana MNC Portal rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/4/2021), daging buah durian si gundul ini berwarna kuning muda dan tebal, kemudian memiliki citarasa manis. Tekstur dan rasa durian si gundul hampir mirip dengan durian pada umumnya. Berat buahnya berkisar 0,87 hingga 1,50 kilogram.

Durian si gundul. (Foto: Humas Kementan)

Dikutip dari video kanal YouTube Thosi Channel, diperlihatkan sosok durian si gundul. Dijelaskan bahwa bentuknya benar-benat sangat unik.

"Duriannya sangat unik. Unik sekali ini durian. Sumpah enggak ada durinya, warna coklat," ungkap pria dalam video tersebut.

Ia mulai membuka durian si gundul, sehingga saat mengupasnya akan terasa lebih mudah tanpa khawatir tertusuk duri.

"Mantap. Manis, ada pahitnya dikit," ujarnya. 

Setelah habis, dia memperlihatkan biji durian si gundul. Bentuknya lebih kecil, tapi padat dengan dagingnya yang lembut dan rasanya sangat nikmat.

"Rasanya super-enak," katanya.

Durian si gundul memiliki daya adaptasi yang cukup luas. Jenis buah ini tumbuh dengan baik di dataran rendah, hingga menengah sehingga mulai banyak dikembangkan di NTB dan beberapa wilayah Indonesia.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.