3 Bisnis Tanpa Modal di HP yang Patut Dicoba

Sabtu, Mei 15, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Selalu ada jalan untuk berbisnis, termasuk di era digital. Ternyata terdapat sejumlah pekerjaan hanya bermodalkan gadget dan tanpa mengeluarkan budget sama sekali.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut tentunya berhubungan dengan aktivitas di dunia maya. Mulai dari reseller hingga berhubungan dengan media sosial.

Berikut ini tiga pekerjaan bermodalkan gadget yang dirangkum CNBC Indonesia, Senin.

Dropshipper

Banyaknya aktivitas belanja online di tengah pandemi Covid-19 juga membuat nama dropshipper juga melambung tinggi. Mereka yang bekerja sebagai Dropshipper bukanlah pedagang melainkan reseller dari toko online di ecommerce.

Para dropshipper biasanya bekerja dengan iklan digital bertarget. Ini yang terkadang membuat para konsumen yang sedang scrolling layar ponselnya berhenti sejenak.

Melansir CNBC Internasional, cerita dropshipper juga tak selalu mulus. Seorang dropshipper, Nick Peroni mengatakan jika rekan-rekannya yang baru adalah orang pemalas dan punya ide agar bisa kaya dengan cepat namun hanya mengeluarkan usaha kecil.

"Banyak orang yang baru masuk ke model bisnis ini dan malas. Mereka tidak melihatnya seperti bisnis. Mereka melihatnya seperti perebutan uang, ide untuk cepat kaya di mana kita bisa menjual produk menggunakan iklan Facebook dan membuat banyak uang," kata dia,

Online Survey

Pekerjaan lainnya adalah pengisi online survey. Di dunia bisnis sebelum membuat desain atau mengeluarkan produk, perusahaan butuh untuk mencari tahu apakah akan ada yang membelinya atau disebut proses riset pasar.

Riset pasar ini adalah bisnis besar, dengan perusahaan seperti di AS mengeluarkan banyak yang tiap tahunnya untuk melakukan aktivitas tersebut termasuk survey.

Untuk menghemat waktu dan uang, bermunculan perusahaan yang menjadi riset pasar online. Biaya menyebarkan survey secara online lebih murah dibandingkan mengirimkan melalui surat atau lewat telepon.

Melansir Howstuffworks, bagi mereka yang mengisi survey akan dapat insentif. Sejumlah Web seperti e-Rewards dan MySurvey, konsumen bisa mendapatkan uang atau poin pada tiap survey yang diisi dan dikirimkan.

Poin bisa ditukarkan seperti diskon dalam produk atau kartu hadiah untuk mengisi bensin.

Manager Media Sosial Freelance

Terakhir berhubungan dengan media sosial. Melansir laman Sendible, manajer media sosial freelance akan ditugaskan untuk sejumlah klien dan bekerja untuk merencanakan serta menjalankan strategi media sosial.

Ini berbeda dengan yang dipekerjakan secara tetap, mereka hanya mengurusi kanal sosial untuk satu brand saja. Sementara para freelance dipekerjakan kontrak dan umumnya bekerja dengan sejumlah merek dalam waktu tertentu.

Orang yang cocok dengan pekerjaan ini adalah yang bisa beradaptasi dan inofatif. Selain itu juga memiliki kualitas dalam profesi saat lanskap terus berubah, termasuk kemampuan berkolaborasi dan mengkomunikasikan ide.


Sumber :CNBC Indonesia

0 comments: