4 Tips Jago Parkir Mobil di Area Sempit

Jumat, Mei 21, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


ilustrasi (stutterstock)

Kemampuan memarkir mobil sangat dibutuhkan oleh setiap pengemudi. Meski terlihat mudah, tetapi tak semua pengemudi bisa melakukannya dengan baik.

Salah satunya ketika menghadapi lahan parkir yang sempit. Pengemudi seringkali kesulitan, sehingga memilih tempat yang lebih luas untuk menghindari kemungkinan mobil lecet atau penyok.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pengemudi mahir memarkir mobil dengan aman di lahan yang sempit. Berikut ini langkah-langkahnya, melansir dari Autoblog.

1. Nilai Ruang Parkir Secara Visual

Cobalah nilai tempat parkir yang tersedia untuk memastikan ada cukup ruang untuk mobil. Anda bisa mengukurnya dengan menambahkan jarak dua kaki di kedua sisi kendaraan.

Ruang ekstra itu disediakan sebagai akses untuk membuka pintu. Jika terlalu rapat, tentunya akan menyulitkan orang untuk keluar atau masuk mobil di setiap sisinya.

2. Bersiap untuk Memarkir

Langkah berikutnya adalah jangan lupa menyalakan lampu sein. Kendaraan yang ada di belakang akan mengetahui niat Anda berbelok ke lahan parkir yang dituju.

Sebelum keluar jalur, periksa kaca spion. Kemudian, putar kepala Anda untuk memastikan tak ada orang di antara kendaraan dan lahan parkir.

3. Belok ke Tempat Parkir

Perlambat kendaraan dan mulai putar arah ke lahan parkir yang tersedia. Mulai putar roda tepat saat melewati kendaraan yang paling dekat dengan tempat parkir.

4. Parkirkan Mobil dengan Cermat

Tarik mobil sepenuhnya ke lahan parkir dan perhatikan sekeliling dengan cermat. Mungkin Anda sesekali harus memutar roda sedikit dan mundur, lalu mengulanginya beberapa kali agar dapat memasuki lahan parkir yang sempit.

Selama proses, Anda harus sering melihat sekeliling untuk memastikan tak menabrak mobil, orang, atau benda lain. Setelah berhasil parkir, matikan mesin dan keluar dari kendaraan dengan nyaman.


Sumber : okezone.com

0 comments: