5 Latihan Dasar Gym untuk Pemula

Selasa, Mei 25, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Ilustrasi latihan dasar gym untuk pemula. (Foto: Okezone)

ADA beberapa latihan dasar gym untuk pemula. Ini sebaiknya dilakukan untuk mencegah terjadinya hiperventilasi terhadap orang yang baru saja memulai olahraga di gym.

Hiperventilasi adalah napas yang berlebihan, dan bisa dialami para pemula yang melakukan olahraga dengan tergesa-gesa di gym. Jadi sebaiknya atur napas ketika berolahraga di pusat kebugaran.

Lantas, apa saja latihan dasar yang baik untuk pemula di gym? Berikut daftarnya, sebagaimana disitat dari laman Times of India, Selasa (25/5/2021).

1. Squat

Squat adalah berdiri dengan jarak pinggul terpisah. Rentangkan tangan ke depan. Kemudian tekuk lutut dan saat turun perhatikan untuk menjaga pinggul tetap sejajar dengan lantai. Lalu pertahankan punggung lurus saat naik serta turun.

Olahraga. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Lunges

Lunges merupakan posisi berdiri tegak dengan jarak pinggul terpisah. Anda bisa menahan beban saat melakukan latihan ini. Jika Anda tidak memiliki alat olahraga sebagai pemberat, bisa menerapkan cara lain yatu menggunakan botol air 1 liter. Angkat kaki kanan ke depan dan tekuk kaki kiri ke belakang. Jangan biarkan lutut tetap di lantai. Ulangi hal yang sama dengan kaki kiri.

3. Bent over row

Caranya Anda akan membutuhkan beban untuk latihan ini. Berdirilah dengan kaki terpisah. Selanjutnya rentangkan lengan ke bawah dengan perpegangan pada alat beban, kemudian tekuk dari pinggang dan lihat lurus. Tekuk lengan seperti sedang mendayung perahu dengan mengangkan alat beban.

4. Overhead press

Cara melakukanya dengan posisi berdiri tegak tetap sama seperti bent over row. Kecuali dalam latihan ini, punggung tetap lurus dan lengan melewati kepala.

5. Chest press

Berbaringlah di bantalan tempat gym. Kemudian dilanjutkan dengan menekuk lutut dan buat jarak pada kaki. Sambil menahan beban, rentangkan lengan ke atas dan turunkan lagi.


Sumber : okezone.com

0 comments: