6 Cara Alami Mengobati Mata Bintitan

Ilustrasi. Selain benjolan merah, bintitan juga menimbulkan rasa nyeri dan gatal pada mata. (iStockphoto/Ocskaymark)


 

Bintit merupakan benjolan merah seperti jerawat yang muncul di tepi luar kelopak mata. Ada beberapa cara alami untuk mengobati mata bintitan.

Ada banyak kelenjar kecil di kelopak mata. Sel kulit yang mati, kotoran, atau penumpukan minyak dapat menyumbat kelenjar kecil ini.

Saat kelenjar tersumbat, bakteri dapat tumbuh di dalam dan menyebabkan mata bintitan.


Selain munculnya benjolan merah, bintitan juga disertai dengan gejala nyeri dan bengkang, peningkatan produksi air mata, kerak yang terbentuk di sekitar kelopak mata, serta rasa gatal.

"Bintit biasanya hilang dengan sendirinya dalam 7-10 hari," ujar ahli dermatologi, Michele Green, mengutip Healthline.

Berikut beberapa cara alami mengobati mata bintitan, mengutip berbagai sumber.

1. Kompres hangat

Kehangatan membantu mengangkat nanah ke permukaan serta melarutkannya. Dengan demikian, bintit bisa keluar secara alami.

Lakukan kompres hangat pada bagian mata Anda selama sekitar 5-10 menit. Hati-hati, jangan sampai kain kompres menekan area bintit terlalu keras. Lakukan cara ini tiga hingga empat kali sehari.

2. Membersihkan kelopak mata dengan sabun dan air

Saat mencuci bagian mata, Green menyarankan untuk menghindari sabun dengan bahan kimia sintetis yang keras. Bahan-bahan dalam sabun harus bersifat hipoalergenik atau tidak menimbulkan iritasi.

Tanpa sabun khusus, Anda juga bisa menjadikan larutan garam sebagai alternatif alami lainnya. Larutan garam dapat membantu meningkatkan drainase di mata dan memecah membran bakteri.

3. Kompres dengan tea bag hangat

Teh hitam bekerja paling baik dalam mengurangi pembengkakan. Teh hitam juga memiliki beberapa sifat antibakteri.

Rendam tea bag selama sekitar 1 menit dan tiriskan. Lalu, taruh tea bag yang telah ditiriskan di atas mata selama sekitar 5-10 menit. Gunakan tea bag yang berbeda untuk setiap mata.

4. Pijat area bintitan

Anda dapat memijat area bintit pada mata dengan tangan yang sebelumnya dibasahi terlebih dahulu dengan tisu basah. Setelah bintit mengering, jaga kebersihan area tersebit dan hindari menyentuh mata. Hentikan pijatan jika bintit terasa sakit.

5. Tidak memakai riasan mata

Mengutip WebMD, hindari penggunaan makeup berlebih saat Anda mengalami mata bintitan. Berbagai riasan kosmetik pada mata bisa membuat bintitan semakin parah.

6. Kenakan kacamata

Orang yang sedang mengalami bintitan tidak disarankan untuk menggunakan lensa kontak. Alih-alih lensa kontak, Anda disarankan untuk menggunakan kacamata.

Setelah bintit hilang, desinfeksi lensa kontak sebelum Anda memasangnya kembali.

Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.