7 Fakta Sulis, Anak Tukang Becak Sukses Duet Lagu Religi Bareng Haddad Alwi



 Bagi kamu generasi 90-an tentu sudah tak asing dengan sosok penyanyi religi satu ini. Ya, suaranya yang merdu dan juga kesederhanaannya menjadi daya tariknya. Ialah Sulistyowati atau dikenal dengan nama Sulis Zehra melejit berkat duetnya dengan Haddad Alwi setelah membawakan lagu sholawat nabi.

Beberapa waktu lalu sosok Sulis Zehra juga kembali menjadi sorotan karena disebut sebagai pengganti Nissa Sabyan menjadi penyanyi religi. Namun Sulis enggan untuk dibandingkan dengan Nissa Sabyan. Apalagi, ia mengaku tidak terlalu mengenal Nissa Sabyan secara personal.

"Aku nggak bisa menilai orang kalau nggak kenal, takut. Kalau cuma luarnya doang tahu, tapi dalamnya nggak. Kalau ditanya seperti apa ya nggak tahu, cuma tahu dari berita-berita saja," kata Sulis di Studio Trans TV.

Dikutip dari akun Youtube Melaney Ricardo yang berjudul "Perjuangan hidup Sulis Cinta Rasul! Sempat dihina saking susahnya "Allah mengubah nasib saya", Sulis menceritakan perjalanan hidupnya. Ia mengungkapkan sempat mendapatkan hinaan karena hidup serba pas-pasan.

Inilah 5 fakta tentang penyanyi religi Sulis yang belum tentu kamu tahu:

1. Sulis berasal dari Solo

Sulis lahir pada 23 Januari 1990 di Solo, Jawa Tengah. Sulis adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Ia terlahir dari pasangan Sumadi dan Siti Satinem.

"Aku tinggal di kota Solo, tapi di kampung pinggir. Rumah aku di bantaran kali," kata Sulis.

2. Hidup dengan ekonomi serba sulit

Saat berbicang dengan Melaney Ricardo, Sulis mengungkapkan dulu saat memulai karier sebagai penyanyi, dia hanya ingin membeli televisi. Sebab di rumahnya tidak ada televisi. Dia tinggal di rumah satu petak di mana dapur, ruang tamu dan kamar tidur menjadi satu.

"Dulu waktu kecil aku menumpang tetangga kalau ingin melihat televisi. Kadang dibolehin masuk kadang nggak boleh. Aku di rumah nggak punya kamar mandi, kalau mandi di MCK. Ayah aku pagi jadi supir ikut majikan. Kalau pulang ayah tarik becak, itu perjuangan ayahku. Ibu aku tukang jahit," tutur Sulis bergetar.

Sulis menuturkan jika sang ibu setiap hari berjalan 10 kilometer membawa tumpukan kain. Ia juga menjelaskan di keluarganya, buah adalah makanan yang mewah.

"Mama aku itu dulu kepengen anaknya makan buah. Mama aku menunggu ke tukang buah yang setengah busuk dibeli dan sampai rumah dipotong bagian buah yang masih bagus. Lalu diberikan ke anak-anaknya. Makanya aku sangat menghargai jernih payah kedua orangtuaku," ungkapnya

3. Sekolah dan kuliah dengan beasiswa

Keadaan ekonomi keluarga yang sangat sulit, Sulis bertekad harus mengejar beasiswa jika ingin melanjutkan jenjang pendidikan. Sejak SD sampai kuliah Sulis selalu mendapatkan beasiswa. Penyanyi religi ini lulus sebagai sarjana Psikologi di Universitas Paramadina, Jakarta Selatan pada 2017.


4. Awal karier musik Sulis bersama Haddad Alwi

Ketika ditanya soal aliran musik, Sulis mengatakan memang dari awal sudah memilih untuk mengambil jalur religi dan sholawat. Ia menegaskan tidak pernah mengikuti ajang pencarian bakat atau kompetisi.

"Dulu orangtuaku untuk makan dan sekolah aja sulit bukan main. Tidak sampai kepikiran ikut lomba. Seperti anak kebanyakan sore mengaji ke masjid, belajar agama dan suatu saat diajarin menyanyi. Waktu itu ada dua orang kak Anis dan kak Ali yang mencari backing vocal," ujarnya.


Dua orang itu yang kemudian membawa Sulis menjadi pasangan duet Haddad Alwi. Pada saat itu mereka mencari penyanyi untuk berduet dengan Hadad Alwi. Saat itu Sulis terpilih bersama puluhan anak lainnya dan kembali lagi disaring untuk mencari pemilik suara termerdu. Sulis pun masuk ke dalam tiga besar. Dan akhirnya terpilih untuk berduet dengan Hadad Alwi.

5. Nama Sulis melejit

Nama Sulis melejit ketika album Cinta Rasul Haddad Alwi yang dirilis pada 2007 dalam tiga bulan langsung terjual sekitar 1 juta copy. Dia mengaku terharu saat rekaman untuk album tersebut.

"Waktu itu pengalaman pertama rekaman itu asing, remang-remang karena gelap. Akhinya mama aku menemani aku nyanyi dan rekaman. Aku menangis mendengar suaraku sendiri," imbuhnya.

Meraih sukses setelah menjadi penyanyi cilik berduet dengan Haddad Alwi, keinginan Sulis untuk mempunyai televisi di rumah langsung terwujud. Ia dengan bangga mempersilahkan bagi siapa saja tetangganya untuk menonton televisi di rumahnya.

6. Sulis konsisten dengan musik religi

Di tengah kecanggihan dan juga era modernisasi, Sulis tetap memilih jalur musik religi. Ia mengungkapkan jika awal kesuksesannya berawal dari jalur musik religi. Dan ia tak ingin berpaling.

"Aku hidup dari kecil dari sekarang, jalan ini yang menghidupi aku bernyanyi dan berdakwah. Aku tidak mungkin berkhianat. Kalau pun aku ingin mencoba jalur lain, lagu-lagu yang membawa keindahan juga," tegasnya.

7. Kehidupan Sulis sekarang
Kariernya Sulis sebagai penyanyi lagu yang bernapaskan Islami terbilang sukses. Hanya saja setelah dewasa dan menikah, ada keluarga yang harus Sulis dahulukan sehingga kariernya sempat meredup.

Sulis menikah dengan Alfin Febryan pada 6 Juni 2014. Dari hasil pernikahannya itu, dia sudah menjadi ibu dari dua orang anak. Namun kini setelah rehat sejenak mengurus keluarga, Sulis comeback. Penyanyi 31 tahun itu sekarang kerap menjadi juri atau bintang tamu di beberapa program acara stasiun televisi swasta.

Itulah tujuh hal mengenai Sulis yang menarik dan belum kamu ketahui. Sosok Sulis yang dulu populer dengan lagu Ibu, Cinta Rasul hingga Ya Toybah kini sudah menikah dan punya dua anak.

Sumber :wolipop.com

No comments

Powered by Blogger.