7 Perawatan Sederhana Supaya Kuku Kuat dan Sehat

Selasa, Mei 11, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi kuku sehat dan kuat. (Foto: Racool Studio/Freepik)


KUKU merupakan bagian tubuh yang biasanya jarang dirawat. Kesehatan kuku yang tidak dijaga dengan baik dapat menyebabkan mudah rapuh.

1. Potong secara lurus

Potonglah kuku dengan lurus. Hal ini agar kuku tidak tumbuh ke dalam. Biasakan potong kuku setelah mandi, karena kuku menjadi lebih lembut jika setelah mandi.

Kuku. (Foto: Freepik)

2. Hindari cat kuku berbahan kasar

Cat kuku berbahan kasar seperti formaldehyde dan dibutyl phthalate akan melemahkan kuku. Selain itu, berulang kali menggunakan warna berpigmen yang berani dapat menyebabkan kuku menguning atau melemah. Gunakan cat kuku dengan warna natural untuk meminimalisir hal ini.

3. Gunakan minyak untuk melembapkan kuku

Sama halnya seperti bagian tubuh yang lain, kuku juga perlu tetap terhidrasi. Sebelum tidur, cobalah oleskan minyak almond atau minyak alpukat ke bantalan kuku dan kutikula agar tidak kering, rapuh, atau bersisik. Jika tidak memiliki minyak tersebut, gunakan lip balm sebagai alternatif pelembap kuku.

4. Konsumsi protein dan asam lemak omega-3

Mengonsumsi makanan mengandung omega-3 dan protein dapat membuat kuku menjadi lebih kuat. Konsumsi kandungan vitamin B juga dapat memperkuat kuku, seng dapat membantu menghilangkan bintik-bintik putih, dan zat besi dapat membantu menghentikan pembentukan tonjolan kuku. Vitamin A dan C juga dapat membantu membuat kuku lebih terhidrasi dan berkilau.

5. Berhenti menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku harus mulai diberhentikan, karena mulut memiliki kuman dan bakteri yang dapat dengan mudah masuk ke tubuh melalui lecet yang ditimbulkan oleh gigi.


Sumber : okezone.com

0 comments: