8 Cara Alami Menumbuhkan Rambut di Rumah

Senin, Mei 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rambut. (iStockphoto/Sofia Zhuravets)


Sebagian orang mengidolakan rambut panjang indah nan sehat. Ketahui cara menumbuhkan rambut agar cepat panjang.

Bagi perempuan, rambut panjang bisa menonjolkan kesan feminin dan anggun. Namun, menumbuhkan rambut bukan perkara mudah.

Beberapa orang sulit menumbuhkan rambut karena masalah kerontokan sehingga membuat rambutnya menjadi tipis, bahkan mengalami kebotakan. Tidak sedikit juga orang yang sulit menumbuhkan rambut karena pertumbuhan rambutnya lambat.

Meski tak mudah, ada beberapa cara sederhana memanjangkan rambut yang bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa cara menumbuhkan rambut.

1. Menggunakan teh hijau

Mengutip berbagai sumber, teh hijau mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan antioksidan dalam teh hijau juga bisa membantu menumbuhkan rambut. Antioksidan akan melancarkan sirkulasi darah di kepala sehingga rambut akan tumbuh lebih lebat.

Cara menggunakannya pun mudah. Cukup dengan menyeduh teh hijau dan mengoleskannya ke kulit kepala.

Anda bisa menggunakan teh hijau yang biasanya Anda konsumsi, kemudian digunakan mirip seperti masker wajah. Bilas kulit kepala setelah selesai mengoleskannya.

Anda juga bisa memilih masker rambut green tea jika ingin melakukan perawatan di salon.

2. Menggunakan minyak kemiri

Minyak kemiri sudah digunakan sejak lama sebagai vitamin rambut agar tetap sehat dan hitam lebat. Kandungan minyak kemiri dapat menutrisi kepala, sehingga rambut akan tumbuh jadi lebih kuat.

Minyak zaitunIlustrasi. Selain minyak kemiri, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu cara alami menumbuhkan rambut. (Pixabay/margenauer)

Minyak kemiri bisa mencegah kerontokan rambut sehingga membantu rambut lebih cepat panjang dan tebal. Anda cukup mengoleskan minyak kemiri pada batang rambut atau kulit kepala sebelum keramas, atau menggunakannya sebagai vitamin rambut setelah keramas.

Selain minyak kemiri, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun, atau minyak kelapa dengan cara yang sama untuk menumbuhkan rambut.

3. Potong rambut bercabang

Memotong rambut yang bercabang dapat membuat rambut lebih sehat. Rambut yang sehat akan terhindar dari segala jenis kerusakan dan dampak negatif yang mungkin dialami, seperti kerontokan atau rambut kering.

Menjaga kesehatan rambut bisa membuatnya lebih cepat tumbuh karena nutrisi terserap sempurna. Idealnya, Anda juga bisa menggunakan vitamin rambut dan menjaga makanan yang Anda konsumsi.

4. Hindari bleaching rambut

Proses pewarnaan rambut bisa menjadi penghalang rambut tumbuh lebat. Proses pewarnaan, khususnya bleaching, justru bisa membuat rambut rusak dan akhirnya sulit tumbuh.

"Ketika kutikula rambut rusak akibat pemutih, Anda bisa mengalami lebih banyak kerusakan atau ujung rambut yang bercabang. Semakin sedikit perawatan dengan bahan kimiawi, semakin baik rambut akan tumbuh," kata hairstylist di New York, Elizabeth Hiserodt, mengutip Good Housekeeping

Ilustrasi. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rambut. (Istockphoto/ Gpointstudio)

5. Menyisir rambut

Menyisir rambut bisa menyebarkan minyak alami yang ada di kulit kepala ke ujung rambut Anda. Minyak alami di kulit kepala bisa membuat rambut tetap lembab secara alami. Cara ini juga bisa membantu Anda menumbuhkan rambut.

Lakukan langkah sederhana ini setiap malam untuk membantu meningkatkan sirkulasi di kulit kepala sehingga membuatnya lebih sehat.

6. Hindari keramas setiap hari

Sebenarnya, rambut setiap orang memiliki kadar minyak berbeda-beda sehingga jadwal keramas setiap orang juga bakal berbeda. Tak selamanya keramas setiap hari membantu rambut tumbuh lebih cepat.

Keramas bisa membuat minyak alami pada kulit kepala hilang sehingga rambut tak bisa melembapkan dirinya sendiri. Alhasil, rambut jadi lebih kering dan mudah rontok.

Hairstylist Ken Paves mengatakan, keramas 2-3 kali dalam seminggu dapat membantu minyak alami menembus rambut dan melembabkan serta memperbaiki kerusakan dengan sendirinya.

7. Tidak menyisir rambut basah

Rambut basah sehabis keramas rentan patah saat disisir. Paparan air dapat meregangkan batang rambut yang menyebabkan lapisan luar rambut lebih rapuh.

Sebagai gantinya, sikat rambut sebelum keramas. Sebaiknya Anda baru menyisir rambut ketika benar-benar kering. Gunakan sisir bergigi lebar jika ingin menyisir rambut yang basah untuk menghindari kerontokan.

8. Makan makanan bergizi

Selain menutrisi rambut dari luar dengan vitamin dan perawatan lainnya, Anda juga harus menutrisi rambut dari dalam. Memiliki rambut yang panjang dan kuat tidak hanya bergantung pada produk yang dipakai, tapi juga bergantung pada makanan apa yang Anda konsumsi.

Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, Anda perlu 'memberi makan' rambut. Makanan tinggi protein seperti daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu menyusun rambut sehingga tumbuh lebih cepat.

Selain makanan tinggi protein, Anda juga membutuhkan vitamin A, C, E, mineral seperti zat besi, dan asam lemak omega-3 sebagai sedikit dari cara menumbuhkan rambut.

Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: