9 Tips Sehat Naik Haji dan Umrah Selama Masa Pandemi Covid-19

Senin, Mei 24, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Masjidil Haram. (Foto: Twitter @HaramainInfo)

BELUM lama ini beredar informasi bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan kuota sebanyak 60 ribu orang jamaah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi. Kabarnya sumber tersebut diperoleh dari Surat Edaran Kementerian Kesehatan Arab Saudi terkait protokol ibadah haji 1442H di masa pandemi covid-19.

Meski demikian, sampai sekarang belum ada pernyataan resmi dari pihak Pemerintah Arab Saudi maupun melalui media sosial resmi terkait informasi kuota jamaah haji tersebut.

Sebagaimana diketahui, selama masa pandemi covid-19, protokol kesehatan ibadah haji dan umrah memang makin ketat. Ini untuk mencegah kenaikan infeksi covid-19 antarjamaah yang hendak beribadah.

Hingga kini belum ada update mengenai kuota jamaah haji dan protokol kesehatan terbaru ibadah haji untuk tahun ini, namun terdapat beberapa tips kesehatan yang sempat dirilis Pemerintah Arab Saudi selama masa pandemi.

Merangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Senin (24/5/2021), berikut tips selalu sehat saat naik haji dan umrah selama masa pandemi covid-19.

Ibadah haji saat pandemi covid-19. (Foto: Reuters)

1. Pengambilan vaksin yang diperlukan, terutama penderita penyakit kronis dan orang lanjut usia.

2. Membawa obat dalam jumlah yang cukup, terutama untuk penyakit yang memerlukan minum obat secara teratur, seperti penderita jantung dan hipertensi, penderita ginjal, asma, penderita diabetes, serta penderita sakit pernapasan.

3. Membawa pakaian dalam jumlah yang cukup agar bisa berganti ke baju baru secara rutin. Pakaian longgar dan berwarna terang juga disarankan.

4. Menyimpan laporan medis terperinci tentang penyakit yang sudah ada sebelumnya, dan tentang obat yang diresepkan, yang membantu menindaklanjuti kondisi medis kapan pun diperlukan.


5. Menjaga perlengkapan kebersihan diri, seperti handuk, alat cukur, sabun, sikat dan pasta gigi, krim dan salep pelembap dalam jumlah yang banyak, serta payung juga disarankan bila diperlukan.

6. Menjaga suplai disinfektan, antipiretik, dan obat penghilang rasa sakit yang diperlukan.

7. Membawa alat pengukur glukosa untuk penderita diabetes.

8. Saat duduk lama di dalam pesawat atau bus, disarankan berjalan atau berdiri sebentar setiap 1 atau 2 jam, dan secara teratur menggerakkan salah satu kaki saat duduk yang membantu mencegah kaki bengkak.

9. Melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum datang untuk memastikan kemampuan Anda melakukan haji.



Sumber : okezone.com

0 comments: