Cerita Sukses Surni Kurnia, Pelaku UMKM yang Bergabung Jadi Mitra Bukalapak



  Jaman yang terus berkembang tentu memberikan pengaruh bagi setiap aspek kehidupan. Begitu juga dengan era digital saat ini, ada banyak kemudahan yang ditawarkan. Hal itu juga dirasakan oleh Pelaku UMKM dan Mitra Bukalapak Surni Kurnia.

Semuanya bermula ketika ada sales Bukalapak yang mengajaknya untuk bergabung menjadi Mitra Bukalapak. Awalnya Surni ragu dan takut tertipu, lantaran dalam tawaran tersebut dia harus mengisi saldo di aplikasi Bukalapak sebesar Rp 100 ribu. Namun, dia optimis ingin mengembangkan usaha warungnya, akhirnya Surni bergabung.“Awalnya ada sales yang menawarkan. Saya awalnya takut ada penipuan karena ketika pendaftaran itu harus ada sejumlah uang yang dimasukkan ke saldo sebesar Rp 100 ribu. Tapi saya berusaha coba karena ingin berubah dan saya percayakan saldo saya yang Rp 100 ribu itu dan alhamdulillah sampai sekarang berlanjut dengan lancar,” kata Surni dalam Inspirato Sharing Session: Trik Jitu Distribusi Produk FMCG Di Era Digital, Kamis (29/4/2021).

Sebelumnya warung yang dimiliki Surni masih berukuran 3x3 meter saja, namun kini sudah meluas dan usahanya tidak melulu berjualan sembako melainkan dia juga menawarkan jasa pembelian pulsa, listrik, kirim uang dan sebagainya.

“Saya sudah 3 tahun bergabung dengan Mitra Bukalapak. Dulu saya memang saya sudah berjualan virtual tapi belum selengkap yang dimiliki Mitra Bukalapak aplikasinya, sekarang lebih mudah banget bagi saya,” ujarnya.

Surni mengaku mendapat berbagai kemudahan setelah bergabung menjadi Mitra Bukalapak. Sebelumnya dia selalu kesulitan ketika berbelanja stok barang-barang untuk kebutuhan warungnya. Tapi dengan adanya aplikasi Bukalapak, dia hanya tinggal memesan barang melalui aplikasi dan esoknya barang yang dipesan sampai.

“Dulu kalau cari barang kita harus cari-cari ke agen-agen, kalau di agen pertama tidak ada saya cari di agen lain otomatis kita menghabiskan banyak waktu. Makannya saya bergabung dengan mitra bukalapak, aplikasi yang bisa saya gunakan lebih mudah untuk menyediakan  stok barang-barang untuk warung tinggal klik-klik saja otomatis nanti dikirimkan,” ungkapnya.

Tentunya berkat aplikasi Bukalapak tersebut penjualan warung Surni mengalami peningkatan, bahkan penghasilannya pun meningkat hingga 3 kali lipat dibanding sebelumnya. Lantaran banyak fitur-fitur yang ditawarkan di aplikasi Mitra Bukalapak.


“Sebelum ada mitra Bukalapak sehari saya punya penghasilan Rp 600 ribu per hari. Setelah saya mengenal aplikasi Mitra Bukalapak semuanya hampir 3 kali lipat per satu hari, dan itu benar-benar menguntungkan,” ujar Surni.Dari penghasilannya menjadi Mitra Bukalapak, Surni bisa membantu sang suami untuk menambah penghasilan keluarga, serta memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan anak-anaknya sekolah.

“Saya bisa menyisihkan sebagian untuk kebutuhan anak sekolah dan kebutuhan sehari-hari. Sekarang benar-benar berubah, Rp 600 ribu waktu itu sudah lumayan, seiring berjalannya waktu ada peningkatan saya bisa bantu-bantu suami untuk membantu perekonomian keluarga,” imbuhnya.

Demikian, Surni berbagi tips bagi pelaku UMKM yang tertarik bergabung menjadi Mitra Bukalapak. Tips pertama yakni kita harus mau mencoba dulu, tanpa mencoba maka kita tidak akan tahu pengaruh yang dirasakan.

“Tipsnya harus mau mencoba dulu, mau tidak mau harus coba download aja dulu aplikasinya dan cobain fiturnya dan dari situ ketahuan keuntungannya,” ujarnya.

Keuntungan yang diperoleh selain penghasilan yang meningkat, dalam aplikasi Mitra Bukalapak juga disediakan platform untuk sharing bersama pelaku UMKM warung di seluruh tanah air. Sehingga kita bisa berbagi pengalaman dengan sesama Mitra Bukalapak lainnya.

“Kita kan punya komunitas juga berbagai kota jadi kita bisa sharing terkait usaha-usaha warung, berbagi pengalaman dari Mitra Bukalapak Luar kota, setiap kompetisi dan event di Bukalapak ikuti, pokoknya oke banget,” pungkasnya.   

Sumber :liputan6.com

No comments

Powered by Blogger.