Demi Lovato Menyatakan Diri Non-Biner, Gender Bukan Laki-laki atau Perempuan

 

Demi Lovato menyatakan dirinya sebagai non-binary atau non-biner. Artinya, dia tidak mengidentifikasi dirinya lagi sebagai laki-laki atau perempuan.
Pelantun lagu 'Neon Lights' ini juga mengganti kata sapaan. Tidak mau lagi disapa 'he/she' yang menandakan sebutan berdasarkan gender, melainkan 'they/them' atau dia/mereka.

"Hari ini adalah momen di mana saya dengan gembira ingin membagikan lebih banyak sisi kehidupan saya kepada kalian semua. Dengan bangga saya umumkan bahwa saya adalah non-biner dan secara resmi mengganti sebutan menjadi they/them (dia) ke depannya," tulis Demi Lovato di Twitter.

Penyanyi 28 tahun ini menjelaskan bahwa dia sampai kepada pemahaman terhadap identitas gendernya setelah menghabiskan waktu sendiri untuk pemulihan mental dan introspeksi diri dalam setahun terakhir. Bagi Demi Lovato, menggunakan sapaan 'dia' atau 'they/them' merupakan langkah yang tepat untuk mewakilkan kenetralan dalam mengekspresikan gendernya."Saya masih belajar dan mengenali diri sendiri dan tidak mau mengklaim sebagai ahli atau juru bicara dalam subjek satu ini," lanjutnya.

Demi Lovato pun akan membuat seri video yang khusus membahas tentang identitas gender bersama orang-orang non-biner. Hal ini dia lakukan sebagai perpanjangan mulut bagi mereka yang belum bisa membuka diri dengan orang-orang yang mereka kasihi.


Pernyataan ini muncul setelah Demi Lovato mengaku kalau dirinya adalah seorang panseksual pada Maret 2021. Istilah ini digunakan untuk mendefinisikan seseorang yang tertarik secara seksual bukan karena melihat gender tapi kepribadiannya.

Sepanjang kariernya, mantan kekasih Wilmer Valderrama ini memang dikenal sebagai pesohor yang aktif menyuarakan hak-hak komunitas LGBT. Hingga akhirnya dia mengungkap kalau dirinya sendiri adalah bagian dari komunitas tersebut.Definisi Non-biner
Non-binary, atau dalam bahasa Indonesia disebut non-biner, adalah mereka yang tidak menggolongkan gender secara khusus sebagai laki-laki atau perempuan. Dengan begitu orang-orang non-biner juga tidak mengikuti norma kedua gender secara spesifik.

Seperti dikutip dari BBC, berdasarkan terminologi Asosiasi Psikologi Amerika, non-biner merupakan identitas gender yang tidak masuk golongan laki-laki maupun perempuan. Identitasnya bisa bervariasi sesuai apa yang diyakininya. Bisa tak bergender, laki-laki dan perempuan sekaligus atau 'netral' dan fleksibel.

Itulah sebabnya mereka lebih memilih disapa dengan 'they/them'. Bukan sapaan 'dia' berdasarkan gender seperti 'she' atau 'he'. Selain Demi Lovato, musisi lainnya seperti Sam Smith juga menyatakan dirinya non-biner.

Sumber :wolipop.detik.com

No comments

Powered by Blogger.