Jenazah TKI yang Sudah Dikuburkan Ternyata Tertukar, Makamnya Terpaksa Dibongkar



Jenazah warga Dusun Patikoro, Desa Mattoangin, Kecamatan Kajang Bulukumba, Sulawesi Selatan, tertukar di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Selasa. 

Makamnya pun terpaksa membongkar liang lahat untuk menukar jenazah tersebut. Jenazah tersebut adalah perempuan bernama Darmin dan tertukar dengan jenazah lelaki bernama Ahmad asal Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Desa Mattoangin, Zainuddin mengatakan selama ini Darmin puluhan tahun merantau ke Malaysia bersama suaminya Abd Muis. Mereka merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). 

"Ada memang penyakitnya Darmin selama ini beliau gatal-gatal di badan. Ketika meninggal di Malaysia, pihak orangtua meminta dikebumikan di Bulukumba," kata Zainuddin, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis. 

Menurut informasi diperoleh Zainuddin, ketika peti jenazah itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, sang suami tak sadar jika peti jenazah istrinya tertukar.

Hal tersebut terjadi karena diduga kelalaian dari pihak maskapai penerbangan. Saat peti jenazah tiba di rumah duka Bulukumba, disimpan beberapa menit lalu dikuburkan. Keluarga tidak sempat membuka jenazah karena sudah selesai semua prosesnya di Malaysia, mulai dari menshalati, memandikan dan mengkafani. 

"Jadi dimakamkan hari Selasa pukul 12.00 wita. Dan hari Rabu itu tiba-tiba ada telepon dari pihak Maskapai bahwa yang jenazah yang tiba Batam adalah jenazah perempuan," tuturnya.

Setelah mendapat kabar menyedihkan itu, keluarga Darmin meminta agar jenazah di Batam dikirim ke Bulukumba. Akhirnya jenazah Ahmad yang terlanjur dikuburkan segera dibongkar kembali. 

"Jadi hari Rabu kemaren jenazah Darmin sudah tiba di Bulukumba lalu dikuburkan dan jenazah Ahmad juga sudah dikirim ke Batam,"ungkapnya.



Sumber :Kompas.com

No comments

Powered by Blogger.