Kapal perusak AS berlayar melalui Selat Taiwan untuk kelima kalinya di bawah Biden

Rabu, Mei 19, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

USS Curtis Wilbur transit melalui selat pada hari Selasa

USS Curtis Wilbur (foto Angkatan Laut AS)

TAIPEI - Sebuah kapal perusak Angkatan Laut AS melakukan transit "rutin" melalui Selat Taiwan pada hari Selasa (18 Mei), menandai lintasan kelima di bawah pemerintahan Biden.

Kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Curtis Wilbur (DDG 54) "melakukan transit rutin Selat Taiwan pada 18 Mei (waktu setempat) sesuai dengan hukum internasional," menurut siaran pers Armada ke-7 AS.

Bagian itu menegaskan kembali AS. "Komitmen untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," tambahnya, menekankan bahwa "Militer Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional."

Angkatan Laut AS telah melakukan empat transit sebelumnya melalui selat tersebut sejak Presiden AS Joe Biden menjabat: USS John McCain pada 4 Februari, USS Curtis Wilbur pada 24 Februari, USS John Finn pada 10 Maret, dan USS John McCain pada 7 April.



Karena hubungan antara Taipei dan Washington telah meningkat selama setahun terakhir, Beijing telah meningkatkan postur agresifnya terhadap yang pertama dengan meningkatkan taktik zona abu-abunya, melakukan latihan militer di wilayah tersebut dan secara teratur mengirim pesawat militer ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.

Sumber : Taiwan news

0 comments: