Kebun Binatang Surabaya, Destinasi Wisata Sekaligus Balai Konservasi

Sabtu, Mei 15, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia, dan sempat jadi kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara. Wisata satwa ini  memiliki lebih dari 211 spesies satwa berbeda yang terdiri lebih dari 2.236 satwa langka Indonesia maupun dunia,  tediri dari mamalia, aves, reptilia, dan pisces.

Dilansir website Surabaya Zoo, Kebun Binatang Surabaya memiliki beberapa fungsi dan peranan, di antaranya:

  • Sebagai lembaga konservasi ex-situ (penangkaran satwa di luar habitatnya), KBS berperan sebagai rumah penyelamatan bagi satwa yang terancam punah akibat kerusakan habitat aslinya.
  • Edukasi, sebagai sarana pembelajaran KBS menanamkan rasa cinta kasih dan peduli pada satwa maupun tumbuhan melalui berbagai program edukasi non formal. Dalam fungsinya sebagai sarana edukasi, KBS menyediakan kegiatan literasi, dongeng satwa, keeper talk, paket edukasi, penelitian dan praktek kerja lapangan, dan pelatihan instansi terkait konservasi.
  • Riset dan penelitian, KBS dijadikan wadah riset dan penelitian para pakar konservasi nasional maupun internasional di berbagai bidang keilmuan, termasuk kedokteran hewan, biologi, peternakan, pertanian dan pariwisata.
  • Rekreasi, KBS hadir sebagai alternatif wisata keluarga ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

Lebih lanjut, KBS menyediakan tiga paket tiket berkunjung, meliputi:

  • Paket My Zoo My Adventure: paket ini terdiri dari A dan B. Di paket A pengunjung dikenakan biaya tiket Rp. 50.000 per orang, dan akan mendapat fasilitas berupa wisata perahu sambil mengenal kehidupan bekantan, feeding time di lokasi jerapah, pengenalan kedekatan keeper dan satwa kudanil, akses ke area burung air dan jogging track, mendapat pemandu, gratis minuman, snack, serta satu lembar foto bersama ukuran 10 R.

    Sementara paket B, pengunjung dikenakan biaya tiket Rp. 40.000 per orang, dan akan mendapat fasilitas berupa tiket masuk, mengenal lebih dekat sistem perawatan kesehatan dan pemeliharaan gajah, feeding time di lokasi harimau atau rusa, pengenalan kedekatan keeper dan satwa rusa sambar, akses ke area burung air dan jogging track, mendapat pemandu, gratis minuman, snack dan satu lembar foto bersama ukuran 10 R.

  • Paket Zoo Explorer, paket ini terbagi jadi paket anti galau dan paket anti corona. Jika memilih paket anti galau pengunjung dikenakan harga tiket Rp. 40.000 per orang, dan akan mendapat fasilitas berupa penjelasan dan panduan dari petugas pelayanan pengunjung, tiket masuk online, masuk ke wahana animal edutainment, gratis snack dan minuman.

    Sementara untuk paket anti corona pengunjung dikenakan biaya tiket Rp. 40.000 per orang dengan fasilitas penjelasan dan panduan dari petugas pelayanan pengunjung, tiket masuk online, masuk ke wahana perahu, gratis snack dan minuman.

  • Sensasi Edukasi Virtual, yakni peserta bisa mengikuti tour KBS secara virtual dengan biaya Rp 300.000 per 30 orang peserta.

Anda bisa langsung memesan tiket masuk destinasi wisata Kebun Binatang Surabaya, pendaftaran online ini dibuka mulai pukul 06.00 sampai 15.00. Disarankan membeli tiket H-1 kunjungan.

Informasi penting lainnya, yang dibolehkan berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya hanya orang dengan kondisi sehat dan fit. Balita atau anak-anak dengan tinggi badan di bawah 85 cm, ibu hamil serta lansia lebih dari 60 tahun untuk sementara tidak boleh berkunjung ke KBS, sebab tiga kelompok tersebut termasuk subjek rentan. Pengunjung KBS juga diwajibkan mengenakan masker, dilarang berkerumun dan menggelar tikar piknik.


Sumber :Tempo.co

0 comments: