Kepala Kaisar Pertama Roma Terbuat dari Marmer Berusia 2.000 Tahun Ditemukan

Jumat, Mei 07, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Kepala kaisar Roma pertama terbuat dair marmer dan berusia 2.000 tahun ditemukan (Foto: MBACTmolise/Facebook)

ROMA - Kepala kaisar pertama Roma Augustus yang terbuat dari marmer berusia 2.000 tahun ditemukan di Isernia, sebuah kota Italia di wilayah tengah selatan Molise.

Arkeolog Francesco Giancola membuat penemuan luar biasa selama pekerjaan restorasi untuk memperbaiki tembok abad pertengahan yang runtuh karena hujan lebat pada 2013 lalu.

Patung itu ditemukan saat merenovasi tembok kota bersejarah Isernia, yang dibangun selama periode kekaisaran Roma.

Giancola mengikuti pekerjaan atas nama kotamadya Isernia. Dia mengatakan dirinya tidak mengharapkan penemuan besar seperti itu.

"Saat kami menggali di balik tembok, saya melihat bumi berubah warna," katanya.

"Jadi kami terus menggali dengan sekop presisi dan sebongkah marmer telah keluar. Saya segera melihat bahwa itu adalah kepala yang saya kenali sebagai milik patung Augustus karena rambut dan bentuk serta potongan matanya,” terangnya.

Giancola mengatakan dia segera menelepon pihak berwenang, walikota, dan kementerian warisan budaya.

Menurut Maria Diletta Colombo, seorang arkeolog di departemen regional kementerian, kepala setinggi 35 sentimeter (13,78 inci) dapat berusia antara 20 SM dan 10 M.

"Itu adalah patung penting, tapi kami tidak tahu mengapa itu ada di sini," katanya kepada CNN.

"Itu bisa saja ditempatkan di kuil yang didedikasikan untuk pemujaan keluarga kekaisaran, atau di forum. Tapi ini hanya hipotesis, karena kita tidak tahu di mana forum itu,” terangnya.

Colombo menjelaskan beberapa rekannya menangis kegirangan ketika mereka membuat penemuan itu dan itu adalah momen yang akan dia ingat selamanya.


Sumber : okezone.com

0 comments: