Ketua TSMC berharap tidak ada perang yang terjadi di Taiwan

Dunia akan mendukung Taiwan untuk industri chip 'Silicon Shield': Mark Liu

Ketua TSMC Mark Liu (foto CNA)

TAIPEI - Ketua Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) Mark Liu (劉德 音) mengatakan dia berharap tidak ada perang yang akan terjadi di Taiwan karena dapat menyebabkan gangguan serius dalam rantai pasokan manufaktur global.

Selama wawancara di "60 Minutes" CBS, yang ditayangkan Senin (3 Mei), Liu menunjukkan bahwa teknologi tinggi Taiwan telah menjadi penting bagi komunitas global. Menanggapi julukan "Silicon Shield" yang diberikan kepada industri chip Taiwan, dia mengatakan sebagian besar negara menentang perang di Selat Taiwan karena itu bertentangan dengan kepentingan mereka.

Sementara itu, Liu mengaku terkejut karena Intel tertinggal dari TSMC dalam perlombaan chip. Dia mengatakan perusahaan Taiwan telah mencoba memproduksi sebanyak mungkin keripik sejak Januari dan diharapkan dapat mengejar kebutuhan minimum pelanggan global pada akhir Juni.



Ketika ditanya tentang apakah AS harus mengkhawatirkan konsentrasi produksi chip di Asia, Liu mengatakan meskipun dia memahami kekhawatiran tersebut, kekurangan chip akan terjadi di mana pun mereka diproduksi karena disebabkan oleh pandemi.

Alih-alih mencoba memindahkan rantai pasokan, AS harus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan dan menumbuhkan lebih banyak bakat di bidang manufaktur, kata Liu. Dia menekankan, inovasi hanya bisa terjadi jika negara-negara mau terlibat dalam kolaborasi global.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.