Perdana! Virgin Galactic Luncurkan Pesawat Penumpang ke Luar Angkasa

Selasa, Mei 25, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



  Perusahaan milik miliarder Inggris Sir Richard Branson, Virgin Galactic Holdings Inc akhirnya meluncurkan pesawat penumpang luar angkasa pertamanya. Pesawat itu meluncur dari pelabuhan rumah baru Branson di New Mexico.

Dikutip dari Reuters, Senin (24/5/2021), pesawat bernama SpaceShipTwo milik Branson lepas landas di gurun sekitar 45 mil timur laut Las Cruces, New Mexico, sekitar pukul 10:35 pagi waktu setempat. Penerbangan itu menjadi penerbangan luar angkasa penumpang pertama dari negara bagian itu.


SpaceShipTwo terbang dengan kecepatan Mach 3 dan mencapai lebih dari 55 mil di atas Bumi. Sekitar 50 menit, dengan kecepatan lebih dari 2.300 mil per jam, pesawat mencapai ketinggian yang diakui NASA sebagai ruang angkasa dan mencapai status penerbangan suborbital.

Berhasilnya Branson dalam proyek pesawat luar angkasanya menjadi pencapaian baru baginya dan perusahaan setelah hampir dua dekade mengembangkan penerbangan penumpang ke luar angkasa.Branson membagikan video penerbangan tersebut di media sosial, Twitter, "Senang berada di jalur penerbangan ke penerbangan luar angkasa manusia pertama Virgin Galactic dari Spaceport America yang megah," katanya

Pesawat luar angkasa, yang dapat menampung enam penumpang, meluncur ke landasan pacu dengan aman bersama dua pilotnya sekitar pukul 11:45 pagi.

"Para kru mengalami pemandangan luar biasa dari kelengkungan bumi yang cerah dan berbingkai biru melawan kegelapan angkasa. Pengalaman mereka hari ini memberikan gambaran sekilas kepada calon pelanggan Astronot Virgin Galactic tentang apa yang ada di depan," kata perusahaan itu dalam rilisnya.

"Penerbangan hari ini memamerkan keanggunan dan keamanan yang melekat pada sistem penerbangan luar angkasa kami, sekaligus menandai langkah maju yang besar untuk Virgin Galactic dan penerbangan luar angkasa manusia di New Mexico." kata CEO Virgin Galactic Michael Colglazier.

Sumber :detik.com

0 comments: