Tiga Kali Roboh, Ini Mitos Jembatan Comal yang Dikaitkan dengan Buaya Putih

Selasa, Mei 18, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Siapa sangka dibalik terkenal jembatan comal di daerah pemalang, ternyata menyimpan cerita mistis yang berkembang di masyarakat setempat.

Hal ini dikarena jembatan comal pernah tiga kali roboh dan sering terjadi kecelakaan tunggal tanpa sebab yang jelas.

Jembatan comal ini terletak di perbatasan Kecamatan Comal dan Ampelgading, tepatnya diatas kali comal selebar kurang lebih 25 meter.

Keberadaan jembatan ini sangat vital akan keberlangsungan transportasi darat. Mengingat jembatan ini, satu-satunya penghubung daerah pemalang dengan pekalongan.

Melalui unggahan video akun instagram @pemalang.hits pada Senin. Diceritakan jembatan comal pernah mengalami tiga kali roboh atau ambles, yaitu pada tahun 1923, 1989 dan terakhir 2014 lalu.

Konon, penyebab robohnya jembatan comal itu sering kali dikaitkan dengan cerita mistis. Mitos yang beredar, di bawah jembatan comal terdapat kerajaan gaib yaitu kerajaan buaya putih. Masyarakat percaya dibalik tiga kali robohnya jembatan comal itu disebabkan amukan buaya putih tersebut.

Sebab itulah, masyarakat setempat dulu sering memberikan sesaji kepala kerbau. Sesajian tersebut bertujuan untuk mencegah amukan siluman buaya putih dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Entah hal tersebut benar atau tidak, akan tetapi ada beberapa orang yang secara kebetulan pernah melihat penampakan buaya putih di bawah jembatan comal. Meski tidak mengganggu, namun penampakkan yang jarang terjadi tersebut mengejutkan petugas dan pekerja yang berada di lokasi.

Selain itu, di jembatan comal juga sering terjadi kecelakaan tanpa sebab yang jelas. Konon, kecelakaan-kecelakaan itu disebabkan juga oleh gangguan para makhluk gaib. Menurut penuturan salah satu sanksi, bahwa pengendara yang melintas di jembatan comal sering diganggu tangisan dan jeritan bayi.

Bahkan ada pula yang mengaku melihat sesosok anak kecil yang melintas secara tiba-tiba dan membuyarkan konsentrasi pengendara. Sehingga kecelakaan pun tak bisa terhindarkan.

Peristiwa kecelakaan di jembatan comal tidak hanya sekali, dua kali. Melainkan kerap terjadi setiap tahunnya yang kerap memakan korban. Oleh sebab itu, warga sekitar menyarankan kepada pengendara yang akan melintasi jembatan comal untuk berdoa dan terus berhati-hati.

Dengan demikian, percaya atau tidaknya dengan cerita mistis diatas. Sebaiknya saat berkendara diusahakan dalam kondisi prima. Kalau pun lelah atau mengantuk bisa istirahat terlebih dahulu, agar ketika berkendara selalu konsentrasi demi pengemudi dan keluarga.


Sumber : Suara Jateng

0 comments: