Tips Hangatkan Makanan Sisa Semalam untuk Sarapan Tanpa Merusak Tekstur

Rabu, Mei 19, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi (Foto : Huffingtonpost)


Sisa menu makan malam, biasanya dimanfaatkan sebagian besar orang untuk kembali disantap sebagai menu sajian sarapan di pagi hari keesokan harinya.

Tapi perihal menghangatkan makanan sisa semalam ini perlu dilakukan dengan cara yang tepat, agar tekstur makanan tidak berubah sehingga Anda tetap berselera untuk menyantapnya.

Bagaimana cara tepat untuk menghangatkan makanan sisa makan malam untuk sarapan tanpa merusak tekstur aslinya? Merangkum Huffingtonpost, Selasa (18/5/2021) mari simak paparannya di bawah ini.

1. Telur

Telur

Tips dari Chef Matthew Smith, untuk menghangatkan telur contohnya sisa telur orak-arik ialah dengan menggunakan piring yang tahan untuk di-microwave. Masukkan sisa telur orak-arik yang dingin ke piring dan tambahkan satu sendok teh susu, lalu tutup dengan longgar dan microwave dengan panas tinggi selama 20 sampai 25 detik.

Setelah itu, keluarkan lalu aduk semuanya. Lalu untuk telur rebus, pertama rebus dulu air hingga mendidih lalu masukkan telur rebus dingin pelan-pelan ke dalam air mendidih tersebut, biarkan selama 1 hingga 2 menit, lalu langsung angkat.

2. Pizza

Pizza

Menggunakan air fryer selama 8 sampai 10 menit disebutkan jadi cara terbaik untuk menghangatkan pizza yang sudah dingin dan mengeras, agar pizza bisa kembali renyah dan lembut seperti semula. Jika tidak punya air fryer, hangatkan pizza memakai oven. Tips dari Chef Fabio Viviani, taruh slice pizza di wadah atau nampan beralaskan kertas, panaskan sampai 425 derajat Fahrenheit.

Setelah oven dipanaskan sebelumnya, masukkan pizza ke dalam oven selama 4 sampai 5 menit. Dengan cara ini, kulit pizzanya akan renyah dengan tekstur renyah yang enak, dan kejunya akan memiliki karamelisasi serta warna kecoklatan yang bagus.

3. Daging steak

Dalam memanaskan daging steak agar kembali juicy dan lembut sempurna, bisa coba trik dari Chef Monica Leon satu ini. Panaskan teflon atau wajan di atas api besar, masukkan butter dan potongan daging steak. Masak selama 1 sampai 2 menit di setiap sisinya sampai lapisan seperti kerak pada steak tersebut. Pastikan jangan sampai daging steak menjadi overcook, alias terlalu matang.


4. Pasta

Pasta

Saat memanaskan kembali pasta yang sudah dimasak, sangat penting untuk menghindari pasta menjadi bergetah. Maka dari itu, taruh pasta sisa yang dingin ke dalam pan lalu panaskan pan dengan api sedang lalu perlahan menjadi api besar.

Mulailah menghangatkan pasta, tambahkan sedikit air setiap kali, secara bertahap saat Anda mengaduk. Tambahkan air sebanyak yang diperlukan untuk mengurangi saus, dengan catatan jangan lebih dari 1/3 gelas. Didihkan dan kecilkan api dari sedang ke api kecil, sampai pasta dan topping lainnya sudah panas menyeluruh.

5. Nasi

Cara termudah dan tepat menghangatkan nasi dingin yang mengeras, agar kembali hangat dan pulen ialah dengan memanfaatkan microwave. Cara terbaik untuk memanaskan kembali nasi yang sudah dimasak dan mempertahankan teksturnya, yakni dengan cara memasukkan nasi ke dalam mangkuk lalu tutupi dengan bungkus makanan atau tutup microwave agar panas dan kelembapan bisa bersirkulasi di dalam butiran beras. Cukup di-microwave selama 1 menit, keluarkan, lalu aduk, kemudian masukkan ke microwave lagi selama 30 detik. Butiran nasi akan kembali ke tekstur aslinya, fluffy dan lembut.



Sumber : okezone.com

0 comments: