TKI Jatim yang Terpapar COVID UK Sudah Negatif, Tapi Masih Lanjut Isolasi

Jumat, Mei 21, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Kondisi Pekerja Migran Indonesia/TKI asal Jawa Timur yang terpapar COVID varian B117 United Kingdom telah membaik. Bahkan, hasil swab dua kali menunjukkan negatif.

"Sudah negatif, kita swab dua kali. Hasilnya sudah negatif yang perempuan (terpapar COVID UK)," ujar Laksma dr Nalendra selaku Penanggung jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) saat dikonfirmasi detikcom, Rabu.

Nalendra menjelaskan PMI yang sudah negatif tersebut tetap menjalani isolasi di RSLI meski sudah negatif. PMI yang terpapar varian Corona B117 tersebut masuk 13 Mei 2021.

"Sesuai SOP, kita isolasi selama 14 hari. Berarti kira-kira keluar 27 Mei. Karena kalau sudah 14 hari, kita yakin, virus sudah tidak tersisa, dan bangkainya saja," imbuh Nalendra.

Sedangkan PMI yang terpapar varian Corona B1351 South Africa masih dalam perawatan khusus. "Yang Africa masuk ke RSLI per 18 Mei kemarin. Namun kondisinya terus membaik," katanya.

Diketahui, RSLI sendiri menampung para PMI yang dinyatakan positif COVID-19 saat tiba di Jatim. Nalendra menyebut, kapasitas RSLI masih memadai. Hingga Rabu (19/5), jumlah pasien sebanyak 44. Sedangkan, kapasitas RSLI mampu menampung pasien hingga 450.

"Masih aman okupansi. Sekitar 10-13 persen. Angkanya terus berubah ya, karena setiap hari ada pasien masuk, juga sembuh ada," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Indonesia kembali menemukan dua kasus varian Corona baru di Jawa Timur. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan ada kasus varian Corona Afrika Selatan dan Inggris pada pekerja migran Indonesia yang baru kembali dari Malaysia.

"Dua-duanya merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia. Mereka membawa satu mutasi Afrika Selatan dan satu mutasi dari London," kata Menkes Budi dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin.


Sumber : Detiknews

0 comments: