Unik, Robot Ini Pintar Masak Makanan Khas Spanyol

Selasa, Mei 25, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Paella makanan khas spanyol (Foto: Simply recipes)


Rupanya perusahaan pengembang teknologi robotik di Spanyol BR5 baru saja melahirkan robot baru yakni robot Ole. Nah, robot ini memiliki kemampuan unik, yakni memasak makanan khas Spanyol, paella.

Ternyata masakan paella yang dihasilkan robot Ole sudah diakui kelezatannya oleh para ahli gastronomi setingkat dengan masakan chef di restoran-restoran ternama di Spanyol.

Bahkan robot Ole ini memiliki keunikan lain, yakni menghibur para pelanggan yang ada di restoran-restoran.

 robot ole

"Tentu sajian berbahan nasi buatan rumah di hari Minggu akan selalu terasa beda. Tujuan kami (menciptakan Ole) agar kami bisa berpergian keliling dunia dan bisa menikmati sajian nasi dari negeri tapi di negara lain," kata pendiri BR5 Enrique Lillo seperti dilansir dari Reuters, dikutip dari Antara, Selasa, (25/5/2021).

Menariknya meski awalnya dibuat untuk kepentingan pribadi, namun robot Ole sudah dimiliki di beberapa hotel dan resor di Jepang sebagai atraksi hiburan.

Sedangkan beberapa hotel dan resor di Spanyol juga sudah memiliki robot Ole untuk menghibur warga dan pelanggan.

Chef Paella dan juga Direktur dari Sekolah Gastronomi Cocinea yaitu Maria Munoz bahkan memberikan jempol untuk masakan yang dihasilkan dari chef robot Ole.

"Ini robot yang luar biasa menurutku. Saya suka paella buatan robot Ole! Saya sangat suka ini!," kata Maria Munoz.

Robot Ole sendiri terdiri dari kompor listrik yang dikontrol penggunanya dan memiliki tangan-tangan mekanik untuk menaruh bahan-bahan yang sudah disiapkan ke atas wajan khusus pembuat paella.

Robot ini juga bisa menambahkan nasi serta bumbu untuk kemudian diaduk dan diberikan kaldu ikan.

Pengguna hanya perlu menakar dengan tepat bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk memasak paella untuk satu porsi.

Setelah seluruh bahan dimasukan robot Ole, maka tugas selanjutnya tinggal mencampur dan menghasilkan semua bahan menjadi masakan khas resto favorit warga Spanyol.


Sumber : okezone.com

0 comments: