19 TKI Bermasalah di Abu Dhabi Divaksinasi COVID-19 Gratis

Selasa, Juni 29, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Sebanyak 19 Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMI-B) atau TKI Bermasalah di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, divaksinasi COVID-19 pada Minggu. Vaksinasi ini diberikan kepada mereka secara gratis oleh KBRI Abu Dhabi dan Pemerintah UEA.
Jumlah TKI Bermasalah yang terdaftar sebagai penerima vaksinasi ada 22 orang. Tetapi 3 lainnya belum bisa menerima suntikan akibat kondisi kesehatan mereka belum memungkinkan.
Jika tiga TKI tersebut sudah dinyatakan sehat, vaksinasi untuk mereka akan dijadwalkan pada 18 Juli mendatang.
Dari total 22 TKI, 19 di antaranya merupakan tenaga kerja yang ditampung oleh KBRI Abu Dhabi. Sementara 3 orang lainnya adalah TKI Bermasalah yang tidak berasal dari penampungan, atau PMI-B undocumented (TKI yang tidak memiliki dokumen jati diri).
Dikutip dari keterangan resmi KBRI Abu Dhabi, vaksin yang digunakan adalah vaksin Pfizer.
Program ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Pemerintah Persatuan Emirat Arab, yakni Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (MOFAIC) dan Kementerian Kesehatan dan Pencegahan (MOHAP).
“Alhamdulillah, sebagai salah satu upaya melindungi WNI termasuk PMI, kami akhirnya berhasil menyelenggarakan program vaksinasi untuk PMI-B di KBRI Abu Dhabi tanpa pungutan biaya atau gratis,” kata Duta Besar Indonesia untuk UEA, Husin Bagis.
Diketahui, masih banyak TKI Bermasalah yang belum memiliki dokumen jati diri di Uni Emirat Arab.
Oleh karena itu, program vaksinasi ini direncanakan untuk bisa berlangsung secara rutin demi memfasilitasi mereka.
Tak hanya PMI-B yang berlokasi di Kota Abu Dhabi, tetapi mereka yang berlokasi di penampungan TKI KJRI Dubai juga mendapatkan vaksin gratis pada Senin waktu setempat.


Sumber : Kumparan

0 comments: