3 Tempat yang Dianggap Angker di Kalimantan

Rabu, Juni 09, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Kalimantan merupakan sebuah wilayah Indonesia yang dinilai memiliki potensi yang sangat menjanjikan terutama soal kekayaan alamnya. Tak heran pulau yang memiliki luas wilayah 743.330 km² tersebut dibidik untuk menjadi Ibu Kota Indonesia selanjutnya pengganti DKI Jakarta.
Namun di sisi lain, Kalimantan juga memiliki wilayah hutan yang sangat luas dan sayangnya sering dikaitkan dengan unsur-unsur horor dan kerap kali dianggap angker. Nah berikut 3 daerah di Kalimantan yang sering dianggap spot angker tempat terjadi penampakan para dedemit.
1. Alam Roh
Alam Roh yang terletak di Kalimantan Selatan ini menjadi salah satu tempat yang terkenal akan keangkerannya. Berlokasi tepat di desa Pakualam, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, sebenarnya Alam Roh menjadi spot yang sering dilewati orang-orang, namun hal tersebut hanya terjadi di siang hari, jika memasuki malam hari, kisah akan sangat berbeda.
Lokasi Alam Roh sebenarnya pada mulanya dijadikan tempat pos penjaga dan sebagai museum sejarah para pahlawan, oleh karenanya di area ini terdapat Monumen ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Namun, seiring berkembangnya zaman, fungsi bangunan yang sudah tak terpakai membuat terbengkalai dan menimbulkan banyak cerita rakyat tentang keangkeran suasana Alam Roh.
Menurut mitosnya, di Alam Roh sering terjadi para manusia tersesat karena memang di area ini memiliki dark magic atau sihir ilmu hitam bekas dulu para tentara berperang melawan penjajah. Alam Roh diyakini memiliki unsur sihir yang tinggi dan konon katanya berbahaya bagi manusia.
2. Kilang Minyak Pertamina
Lokasi lainnya yang dianggap angker di Kalimantan adalah kilang minyak Pertamina yang berlokasi di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. Konon katanya di lokasi ini sering terjadi penampakan hantu yang intensitas kemunculannya sangat tinggi bahkan sering terekam oleh kamera CCTV.
Kejadian horor yang sering terjadi ini tentu sedikit mengganggu aktifitas pekerja terutama pada shift malam, mereka sering merasakan gangguan dari makhluk gaib mulai dari suara benda jatuh, bayangan hitam, hingga penampakan hantu berjubah putih.

3. Tahura Sultan Adam
Taman Hutan Raya atau Tahura Sultan Adam menjadi spot yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar. Padahal hutan yang berlokasi di Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan Kota Martapura, Kabupaten Banjar itu diperuntukan sebagai destinasi wisata alam yang sangat potensial.
Kisah horor yang ada di tempat ini sering dikaitkan karena adanya benteng Belanda yang sudah tak terpakai dan konon katanya di lokasi inilah sering terjadi penampakan kuntilanak mirip noni Belanda yang sering bergentayangan.


Sumber : Kumparan




0 comments: