5 Cara Sarapan yang Membuat Perut Rata

Jumat, Juni 11, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Ilustrasi sarapan. Selain baik untuk kesehatan, sarapan juga bisa membantu program diet Anda. Berikut lima cara membantu perut buncit Anda menjadi rata. (Stocksnap/Krzysztof Puszczynski)


 

Sarapan jadi kegiatan pagi hari yang sebaiknya tidak dilewatkan, bahkan ketika Anda sedang dalam program diet. Sebab sarapan punya banyak manfaat.

Sebagaimana dilansir Cleveland Clinic, sarapan bisa menjadi 'bahan bakar' untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sarapan juga baik untuk kesehatan jantung, menstabilkan gula darah, hingga menurunkan risiko terkena diabetes.

Selain baik untuk kesehatan, sarapan juga bisa membantu program diet Anda. Sarapan juga disebut membantu perut buncit Anda menjadi rata.

Berikut 5 cara sarapan yang membuat perut rata.

1. Sarapan padat nutrisi

Sarapan membantu menurunkan berat badan karena menciptakan kenyang lebih lama.

Agar bisa merasa kenyang lebih lama, sarapan harus padat nutrisi. Ada kombinasi protein, lemak sehat, karbohidrat kompleks, yang akan membuat Anda berenergi sepanjang hari. Anda bisa membuat sarapan dengan oatmeal dan buah, selai kacang dan roti gandum serta sayuran.

"Anda tidak perlu makan banyak saat sarapan jika Anda memiliki kombinasi bahan makanan padat nutrisi," kata Lisa Young, penulis Finally Fully, Finally Slim.

2. Plant based

Agar mendapat perut yang rata, Anda perlu menjaga metabolisme tubuh. Sarapan akan meningkatkan metabolisme tubuh selama tiga jam setelah makan. Tapi dengan lebih banyak menu sayuran dalam sarapan Anda, maka metabolisme bisa meningkat hingga 16 persen.

Sarapan terbaik adalah menjauhi muffin, sereal, dan berbagai jenis pancake. Sebagai gantinya adalah sarapan kaya biji-bijian, sayuran, dan protein dari tahu dan tempe.

"Buat sarapan berbasis sayuran maka itu akan jadi makanan paling penting hari itu," kata Calabrese, penulis buku Lose Weight Like Crazy Even if You Have a Crazy Life, seperti dilansir Eat This, Not That!.

3. Perhatikan suplemen protein

Bagi sebagian banyak orang sarapan berarti minum smoothie atau protein shake.

Jika Anda termasuk yang kedua, maka perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen protein Anda. Beberapa kandungan suplemen protein bisa jadi membuat program perut rata Anda justru pudar.

Pilih protein dengan bahan utama berasal dari tanaman.

4. Minum air sebelum sarapan

Tidak ada yang salah dengan minum air di pagi hari ketika bangun tidur. Selain karena tubuh membutuhkan cairan, air juga bisa menekan nafsu makan.

Menurut studi yang diterbitkan di National Library of Medicine, minum air sebelum makan mengurangi asupan kalori sehingga tak membuat Anda kelebihan berat badan. Minum air putih hangat di pagi hari juga bermanfaat untuk menghindari sembelit.

5. Kenyang lebih lama

Ahli diet Stacey Krawczyk mengatakan tak ada makanan ajaib atau strategi cepat yang bisa membuat perut ramping. Tapi makan di pagi hari dapat membantu Anda mengatur berat badan karena merasa kenyang lebih lama. Anda jadi tidak perlu makan cemilan sebelum waktu makan siang.

Sarapan ibaratnya kebiasaan baik yang akan membawa dampak baik di masa depan. Meski untuk mendapatkan manfaatnya diperlukan waktu.

"Kebiasaan yang baik membantu menciptakan masa depan yang baik pula. Jadi sarapan seimbang dengan biji-bijian kaya serat, sayuran, dapat membantu Anda menghindari lapar sebelum makan siang," kata Krawczyk.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: