5 Destinasi Wisata di Bali Ini Sudah Kantongi Sertifikat CHSE

Jumat, Juni 25, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Siapa sih yang nggak tau Bali? Pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya ini telah terkenal sampai ke mancanegara. Tak hanya pantai, pulau yang mendapat julukan Pulau Dewata ini juga memiliki wisata belanja dan tempat wisata di dataran tinggi yang tak kalah indah.

Sayangnya, selama pandemi COVID-19 wisata di Bali sempat sepi pengunjung. Karena itu lah Kementrian Periwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf memberikan sertifikat CHSE atau Cleanliness, Health, safety, and Environmental Sustainability untuk para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Melansir dari laman milik kemenparekraf, sertifikat CHSE adalah sertifikat yang diberikan kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk layanan pariwisata untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap kelayakan pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Wah, semakin yakin nih untuk berwisata ke Bali.

Berikut lima daftar tempat wisata di Bali yang sudah mendapat sertifikat CHSE:

1. Pantai Pandawa

Disebut sebagai surga tersembunyi di Bali Selatan, tempat wisata ini akan memanjakan mata pengunjung dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Di pantai ini pengunjung bisa bermain dengan beberapa wahana permainan air yang disediakan seperti kayaking. Saat masuk ke tempat wisata ini, wisatawan akan disambut dengan patung Pandawa Lima yang diukir dan disimpan di tebing kapur.

2. Nusa Peninda

Nusa Peninda adalah pulau kecil yang berada di sebelah tenggara pulau Bali. Di Nusa Peninda memang pengunjung tidak akan menemukan beach club seperti di pantai lain di Bali. Tetapi pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pasir pantai putih, pemandangan indah dari atas tebing, dan keindahan pemandangan bawah laut.

3. Desa Penglipuran

Desa ini berada di dataran tinggi Gunung Batur, Kabupaten Bangli. Desa ini dinobatkan sebagai Desa Terbersih dan Terbaik versi Green Destinations Foundation. Desa Penglipuran memiliki pemandangan yang indah dengan suasana desa yang asri. Desa ini memiliki keunikan, yaitu rumah penduduknya memiliki model yang sama.

4. Monkey Forest Ubud

Tempat wisata ini berupa hutan dengan lahan seluas lebih dari 10 hektare. Hutan yang diskralkan oleh masyarakat setempat ini merupakan habitat bagi kera-kera yang dianggap suci. Hutan ini memiliki kesan yang sejuk dan asri sehingga pengunjung akan merasa tenang.

5. Pasar Seni Sukawati

Pasar ini merupakan pasar seni terbesar di Bali. Pasar yang berlokasi di Gianyar ini merupakan tempat wisatawan untuk membeli berbagai souvenir dan oleh-oleh khas Bali. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan banyak barang kerajinan tangan khas Bali.



Sumber : Tempo.co

0 comments: