5 Tips Ampuh Agar Sukses Bisnis Frozen Food

Selasa, Juni 08, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Bisnis rumahan semakin menjamur sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Salah satu bisnis rumahan ini adalah makanan beku (frozen food) yang memang ramai permintaan akhir-akhir ini.

Namun, bagi anda yang ingin terjun ke bisnis jenis ini, sebaiknya mempelajari dulu agar tidak merugi dan buang-buang waktu.

Pakar Marketing Hermawan Kartajaya, mengatakan ada 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis frozen food yaitu, customer (pelanggan), product dan brand.

"Sekarang ini banyak orang latah memulai bisnis, seperti frozen food ini, hati-hati, krisis ini bisa dilihat sebagai opportunity tapi tidak untuk semua orang, ini opportunity bagi mereka yang sudah ngerti channelnya, jenis makanannya, sudah punya brand. Kalau baru mau mulai sudah punya customer belum? Productnya seperti apa? Sudah punya brand apa belum?" kata Hermawan seperti dikutip dari detikcom.

Berikut ini 5 tips dari Hermawan Kartajata agar bisa sukses memulai bisnis frozen food:

1. Komitmen

Komitmen serta disiplin yang kuat adalah keharusan dalam masuk ke dunia bisnia, termasuk bisnis frozen food atau bisnis apapun itu, kamu perlu menanam komitmen serta disiplin yang kuat di dalam diri. Sebab, tanpa komitmen, bisnis kamu tidak akan berkembang sukses sesuai yang diharapkan.

"Kamu harus prepare, kalau COVID-19 ini mereda bagaimana? Silahkan mulai asal siap nanti kalau sudah masuk post-normal seperti apa, apakah siap bertahan?," kata Hermawan.

2. Riset

Setelah itu, kamu wajib rajin-rajin riset terkait modal, bahan baku, cara pengolahan yang baik seperti apa. Agar produk yang dihasilkan tidak kalah dengan brand-brand ternama.

"Perlu persiapan yang matang," sambungnya.

3. Pilih Produk Frozen Food yang Unik

Selain itu, pebisnis pemula juga perlu paham yang namanya positioning, differentiation, branding (PDB) untuk produk yang ditawarkannya. Artinya, untuk produk apapun yang mau dijual harus memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak mudah diikuti oleh pesaing. Jenis frozen food sendiri beragam mulai dari nugget, sosis, bakso, siomay, risol, donat beku, empek-empek dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis frozen food tersebut pilihlah yang paling kamu sukai dan kreasikan seunik dan selezat mungkin.

"Cari produk yang spesifik yang PDB-nya jelas, positioning, differentiation, brandingnya, kalau tidak punya differentiation ya akhirnya jual harga, lalu kasih brand apa biar unik," terangnya.


Sumber : CNBC Indonesia

0 comments: