Ahli Terkemuka Dunia Berkomitmen Bangun Kepercayaan Masyarakat pada Vaksin COVID-19

Sabtu, Juni 05, 2021 Majalah Holiday 0 Comments




     Sebagai bagian dari Kepresidenan G7-nya, Pemerintah Inggris menyelenggarakan Global Vaccine Confidence Summit atau KTT Kepercayaan Vaksin Global pada 3 Juni 2021.

Global Vaccine Confidence Summit merupakan bagian dari kontribusi Inggris yang lebih luas sebagai Presiden G7 tahun ini untuk mengakhiri pandemi dengan tingkat vaksinasi, aksesibilitas, dan kepercayaan terhadap vaksin sebagai komponen kunci.  

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta mengatakan bahwa KTT tersebut pertama kalinya menyatukan para ahli global dari seluruh sektor publik dan swasta untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan pada vaksin.

Pemerintah Inggris dan Google Cloud juga mengumumkan kemitraan kolaboratif untuk mengembangkan solusi digital baru guna mendorong kepercayaan terhadap vaksin dan mengatasi kekeliruan informasi vaksin yang berbahaya di seluruh dunia.

Data terbaru yang diterbitkan oleh perusahaan jajak pendapat Inggris, YouGov, menunjukkan bahwa Inggris terus menjadi negara teratas dalam hal kesediaan orang untuk menerima vaksinasi COVID-19 atau mereka yang telah divaksinasi, demikian disampaikan dalam rilis Kedutaan Besar Inggris pada Jumat (4/6/2021).

para ahli terkemuka dunia mengemukakan perspektif mereka selama KTT, mengenai tindakan global penting yang dapat diambil oleh pemerintah dan mitra dari lintas sektor untuk mengatasi masalah kepercayaan terhadap vaksin.

"Keyakinan terhadap vaksin adalah tantangan internasional yang memerlukan tindakan internasional. Pada pertemuan Menteri Kesehatan G7 minggu ini, kami akan berbicara mengenai bagaimana mengalahkan pandemi ini di seluruh dunia dan juga bagaimana mengalahkan pandemi misinformasi dan ketidakpercayaan yang dapat menghambat penanganan pandemi di seluruh dunia," kata Sekretaris Negara untuk Perawatan Kesehatan dan Sosial, Pemerintah Inggris Matt Hancock MP - berbicara di KTT.

"Kami meluncurkan, memimpin, dan memperjuangkan 'Global Vaccine Confidence Summit' yang dipimpin oleh 'G7 Global Vaccine Confidence Working Group' dengan misi untuk mempromosikan kepercayaan pada vaksin secara global," jelasnya.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang menunjukkan dukungannya dengan menyampaikan bahwa "Pendorong utama vaksinasi adalah kepercayaan publik. Kepercayaan harus diperoleh. Untuk berhasil memvaksinasi orang-orang di seluruh dunia, pemerintah harus menerapkan berbagai strategi dan menyesuaikannya untuk tiap negara."

"Kami memahami banyak keraguan vaksin yang berarti kami harus tahu apa yang harus dilakukan dan melakukannya dengan segera. Perdebatan di satu negara dapat berdampak pada kepercayaan dan keraguan di negara lain. Dunia adalah tempat yang kecil. Sebagai komunitas global, kita harus memahami bahwa tidak ada yang aman sampai semua orang aman," demikian pernyataan dari Helle Thorning-Schmidt, mantan PM Denmark dan mantan CEO Save the Children International, dan Ketua Bersama Dewan Pengawas Facebook.

Sumber :Liputan6

0 comments: