Badai Tropis Choi-wan melemah menjadi depresi di dekat Taiwan selatan

Sabtu, Juni 05, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Pertemuan 7 Juni untuk memutuskan penjatahan air di Taiwan tengah

Banjir di Distrik Xinyi Kota Taipei Jumat sore (foto CNA)

TAIPEI — Saat hujan guntur melanda Kota Taipei dan Kabupaten Nantou, dan Badai Tropis Choi-wan melemah menjadi depresi di dekat ujung selatan pulau itu Jumat (4 Juni) malam, langkah-langkah penjatahan air yang diperkenalkan dua bulan lalu di Taiwan tengah masih belum bisa dicabut. .

Tiga hari hujan adalah prediksi Biro Cuaca Pusat, meskipun peringatan darat dan laut untuk Choi-wan dicabut pada pukul 20:30. Sabtu, dan badai tropis diturunkan menjadi depresi tropis.

Sebagian Kota Taichung, Kabupaten Miaoli dan Kabupaten Changhua memperkenalkan sistem penjatahan air bergilir pada 6 April, dengan lebih dari 1 juta rumah tidak menerima air keran dua hari seminggu.

Sementara hujan petir lebat membanjiri sebagian Kota Taipei dan badai tropis bergerak mendekati Kabupaten Pingtung dan Kabupaten Taitung, penampungan air masih membutuhkan lebih banyak, CNA melaporkan.

Badan Sumber Daya Air (WRA) menggantungkan harapannya pada "hujan prem" yang diprediksi untuk akhir pekan. Jika hujan 110 milimeter bisa turun di daerah tangkapan di dekat reservoir air utama, maka penjatahan air sudah terlihat, kata WRA.



Namun, sebagian besar hujan pada hari Sabtu telah menguntungkan waduk di bagian utara negara itu, mengisi Waduk Feicui hingga 71,6 persen dan Waduk Xinshan hingga 82 persen, tetapi tidak banyak berpengaruh untuk Taiwan tengah dan selatan.

Semua air yang ditambahkan ke waduk pada hari Sabtu mencapai total 19,84 juta ton, setara dengan konsumsi air sehari setengah oleh seluruh negeri, kata WRA.

Pertemuan pusat tanggap bencana kekeringan di tingkat pemerintah pusat yang dijadwalkan 7 Juni kemungkinan akan mencapai keputusan tentang penjatahan air berdasarkan curah hujan akhir pekan mendatang.

Sumber : Taiwan news

0 comments: