Bikin Merinding, Ini 5 Tempat Wisata Urban Legend di Jakarta

Kamis, Juni 24, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


MESKIPUN jauh dari hutan dan gunung, Jakarta tetap punya tempat dengan cerita mistis yang membuat merinding. Biasa disebut urban legend, cerita mistis di daerah perkotaan cenderung berputar di antara rumah angker, gedung kosong, dan hantu-hantu yang muncul dari situs pembunuhan ataupun bunuh diri.

Jakarta yang kini berusia 494 tahun adalah kota modern. Tapi, masih ada tempat-tempat di Ibu Kota dipercaya angker dengan cerita misteri. Orang yang ingin uji nyali kerap datang ke sana di waktu tertentu.

Berikut ini lima urban legend Jakarta :

1. Rumah Pondok Indah

Rumah Pondok Indah ini merupakan sebuah rumah cukup megah yang terletak di Jalan Metro. Menurut ceritanya, pada tahun 80-an silam rumah ini dihuni oleh tujuh orang warga negara asing. Nahasnya, mereka kerampokan dan semua anggota keluarga dibunuh termasuk para anak dan pembantu.

Ada pula cerita tentang seorang penjual nasi goreng gerobak yang lewat dan mendapat pesanan dari rumah tersebut. Namun, ketika mengantarkan pesanan ke dalam, pedagang itu tak kunjung keluar hingga sekarang.

2. Rumah Kentang

Rumah ini terletak di kawasan Prapanca, Dharmawangsa. Konon, seorang ibu tunggal pada saat itu tengah merebus kentang di kuali besar dan tertidur menunggu kentangnya matang. Ketika tertidur, rupanya sang anak bermain ke dapur dan terjatuh ke dalam kuali panas itu.

Tangisannya pun membangunkan sang ibu, namun sayangnya Ia telah terlambat menyelamatkan anaknya. Meninggalnya anak itu lah yang membuat rumah ini angker; orang yang lewat di depan rumah ini selalu mencium aroma kentang dan mendengar tangisan anak.

3. Menara Saidah

Di Jalan Letjen M.T. Haryono, terdapat sebuah bangunan yang dulunya merupakan gedung perkantoran dan sekarang tengah terbengkalai. Mitosnya, bangunan ini didirikan di atas tanah kuburan. Sosok yang paling sering terlihat adalah perempuan berbaju merah di lantai 3 yang tak jarang menampakkan diri dan mengusili para satpam.

4. Terowongan Casablanca

Tak ada asal-usul jelas mengenai urban legend yang satu ini, tapi kabarnya terowongan ini dihuni oleh sesosok kuntilanak merah. Menurut mitos setempat, pengendara yang melewati terowongan ini harus membunyikan klakson sebanyak tiga kali sebagai penanda atau salam kepada penunggu Terowongan Casablanca.

Jika tidak, konon peristiwa mistis akan terjadi seperti kecelakaan atau dibuntuti oleh si kuntilanak hingga pulang ke rumah.

5. Mall Klender

Kerusuhan Mei 1998 adalah salahsatu sejarah kelam Indonesia. Pada kejadian itu, beberapa pertokoan di Klender sengaja dibakar karena banyak masyarakat kelas bawah yang iri dengan orang-orang yang mampu belanja di sana.

Salah satu korbannya adalah Mall Klender, yang ketika diamuk massa sedang ramai pengunjung. Kebakaran hebat pun terjadi dan para pengunjung dan pegawai berusaha keluar, namun gagal dan akhirnya mereka turut terbakar di dalamnya. Konon, sosok korban kebakaran itu masih sering menampakkan dirinya pada para pengunjung.



Sumber : Okezone Tv

0 comments: