Buat Interior Rumah Lebih Asri dengan Akuarium Unik dan Menarik

Selasa, Juni 08, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

FotoL Dok Freepik


Ada banyak cara untuk menambah keasrian rumah. Bisa dengan memajang tanaman hias, lukisan, guci atau dekorasi interior lainnya. Untuk yang menginginkan kesan alami, meletakkan akuarium berisi ikan hias merupakan salah satu cara yang paling diminati.

Gerak-gerik ikan yang berenang ke sana ke mari berpadu dengan tanaman air hias dapat memberikan efek relaksasi dan menyegarkan mata kita yang memandangnya. Bagi Anda yang ingin memasang akuarium di rumah, berikut ini beberapa poin yang perlu Anda siapkan:

1. Untuk Penggemar Ikan Hias Air Tawar

Ada beberapa jenis ikan hias air tawar yang paling populer dijadikan peliharaan. Mulai dari ikan yang bersifat soliter seperti ikan cupang (betta fish), hingga yang bersifat koloni atau bisa dicampur dengan ikan lainnya seperti ikan manfish, ikan discus dan ikan neon tetra.

Untuk Anda yang memiliki area terbatas di rumah, Anda dapat menggunakan akuarium berukuran kecil seperti Boyu Set Akuarium dan Kabinet XF-80. Tidak perlu repot melakukan renovasi atau membongkar dinding.

 

Satu set sudah termasuk akuarium dengan ketebalan kaca 6mm dan lemari kabinet di bagian bawah untuk menyimpan berbagai macam kebutuhan ikan seperti makanan, saringan dan sebagainya.

Akuarium Boyu XF-80 ini memiliki ukuran 80x36x57 cm dan sudah termasuk pompa berkapasitas 960 liter/jam serta lampu 18 watt. Untuk melihat harga set akuarium dan kabinet Boyu XF-80, Anda bisa klik tautan berikut ini.

Bagi Anda yang ingin mempercantik isi akuarium, jangan lupa tambahkan beberapa ornamen misalnya tanaman dekorasi. Anda bisa menemukan berbagai jenis tanaman hias akuarium air tawar di ACE. Salah satunya Tanaman Artifisial Fishland berukuran 20cm ini. Terbuat dari resin, tanaman ini tidak butuh perawatan jadi sangat praktis!

Tanaman artifisial Fishland ini juga aman untuk ikan dan tidak mencemari air. Letakkan ornamen tanaman ini sebagai tempat ikan untuk bersembunyi, menaruh telur bagi ikan betina dan tempat tidur bagi ikan.

2. Untuk Penggemar Ikan Hias Air Laut

Warna-warni ikan air laut memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Beberapa ikan air laut yang populer dijadikan ikan hias di antaranya: blue tang, clown fish, yellow tang, lion fish dan angel fish. Namun perlu diketahui bahwa memelihara ikan hias air laut tidak semudah ikan air tawar.

Dibutuhkan dedikasi, ketelatenan, pengetahuan dan tentunya bujet yang lebih banyak. Bagi Anda yang memilih untuk memelihara ikan hias air laut, ada beberapa faktor yang perlu Anda pelajari dan pahami terlebih dulu.

Pertama, jenis ikan dan koral yang ingin dipelihara. Koral sifatnya menjadi pelengkap akuarium. Namun jika salah pilih ikan, ada beberapa jenis ikan yang malah sifatnya agresif dan memakan koral. Ada juga ikan yang justru tidak bisa berkembang jika ada koral.

Kedua, siklus mengganti air, suhu dan kadar keasinan air. Anda tidak bisa mengganti air akuarium air laut dengan pola seperti biasanya mengganti air tawar. Ada fase akuarium harus dikosongkan (tanpa biota) kemudian ada proses membentuk bakteri alami di dalam akuarium sebelum akhirnya memasukkan karang dan ikan.

Temperatur air di dalam akuarium juga harus dijaga, sebaiknya di kisaran 26-28 derajat. Makanya diperlakukan lampu UV di akuarium air laut agar tercipta suasana seperti ekosistem alami dengan sinar matahari. Dengan bantuan lampu UV, koral bisa tumbuh dengan baik dan membantu tanaman air berfotosintesis.

 

Untuk Anda yang ingin memelihara ikan hias air laut, salah satu akuarium yang direkomendasikan adalah Akuarium Set Mini Reef Boyu. Satu set sudah termasuk kabinet dan akuarium berukuran 60x45x45 cm.

Akuarium dengan ketebalan kaca 8mm ini cocok untuk pemula. Satu set sudah dilengkapi dengan skimmer, heater, pompa, filter bawah dan lampu LED. Klik di sini untuk melihat harga atau beli Akuarium Set Mini Reef Boyu di ACE Online.

Untuk mempercantik akuarium air laut Anda, di ACE juga tersedia ornamen batu karang artifisial. Seperti Coral Grouper Artifisial dari Fishland berukuran 45x20x40 cm ini. Cocok diletakkan di akuarium sebagai tempat tidur atau bersembunyi ikan kecil.

 

Terbuat dari polyresin yang berkualitas, batu karang artifisial aman untuk ikan air laut Anda dan tidak akan mencemari air akuarium. Batu karang artifisial Grouper Fishland ini juga bisa dibongkar pasang. Warnanya awet dan tidak mudah luntur.

3. Untuk Membuat Aquascape yang Indah

Dalam seni mengisi akuarium, tidak hanya faktor ikan saja yang penting. Segi dekorasi pun perlu diperhatikan. Untuk Anda yang ingin membuat aquascape dari tanaman air asli, perlu memilih substrate atau media tanam terbaik yang paling cocok sehingga tanaman Anda bisa tumbuh dengan maksimal.

Ada beberapa rekomendasi substrate untuk membuat aquascape yang bisa Anda coba. Pertama, JBL Sansibar River. Media tanam berbentuk pasir ini dapat digunakan untuk akuarium air tawar maupun air laut. Pasir JBL Sansibar River aman digunakan karena terbuat 100 persen dari bahan alami dan tidak menimbulkan polusi pada air.

 

Pasir JBL Sansibar River memiliki ukuran butiran 0.8mm yang tidak tajam sehingga aman untuk ikan. Beberapa jenis ikan, kepiting dan udang suka menggali pasir untuk mencari makanan. Maka sangat disarankan untuk menggunakan pasir yang lembut dan berbentuk bulat agar tidak melukai membran ikan dan hewan lain yang ada di akuarium.

Rekomendasi substrate kedua adalah JBL Manado Dark. Pasir yang satu ini cocok untuk akuarium air tawar dan sangat ideal untuk membantu pertumbuhan akar tanaman karena strukturnya yang berpori-pori. Cocok juga untuk ikan yang suka menggali.

 

Pasir JBL Manado Dark ini juga mampu menciptakan lingkungan yang ideal untuk kolonisasi bakteri menguntungkan. Manfaatnya, pertumbuhan alga bisa dihambat, mengurangi beban kerja filter dan membuat air akuarium selalu jernih.

Tone pasir JBL Manado Dark yang berwarna cokelat gelap juga dapat membuat warna ikan lebih kontras sehingga tampilannya lebih cemerlang. Sedikit tips, tambahkan tanaman air berwarna merah dan hijau untuk membuat tampilan akuarium semakin cantik dan serasi dengan ikan.

Seluruh jenis akuarium, tanaman air hias dan pasir akuarium yang disebutkan di atas bisa Anda peroleh di store ACE seluruh Indonesia. Anda juga bisa pesan lewat ACE Online atau aplikasi MISS ACE. Temukan berbagai perlengkapan hewan peliharaan, khususnya ikan dan aksesoris pelengkapnya hanya di ACE!

CM


Sumber : okezone.com

0 comments: