Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Anak (Foto: Honey kids asia)


Bagaimana cara membuat anak anda makan bergizi, terutama jika mereka memiliki nafsu makan yang sangat kecil dan selalu mencari alasan untuk melewatkan waktu makan mereka? Cobalah tips dan trik berikut untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Dikutip dari NDTV, berikut tips dan trik untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda dan membuat mereka makan lebih baik.

 anak makan

1. Jangan pernah melewatkan sarapan pagi

Sarapan pagi adalah keharusan mutlak, tidak hanya untuk orang dewasa atau mereka yang ingin menurunkan berat badan, tetapi juga untuk anak-anak. Makan sarapan yang baik dan sehat, memicu metabolisme mereka dan pasti akan meningkatkan nafsu makan mereka.

2. Awasi tingkat zat besi mereka

Tingkat zat besi yang rendah diketahui dapat mengurangi nafsu makan anak. Anda bisa memasukkan makanan kaya zat besi seperti bayam, telur dan lentil ke dalam makanan mereka untuk asupan zat besi. Pasangkan makanan kaya zat besi dengan Vitamin C untuk meningkatkan penyerapan dan penggunaannya oleh tubuh.

 

3. Buat mereka minum air 30 menit sebelum makan

Mulailah hari anak Anda dengan segelas air. Faktanya, mereka harus minum air bahkan sebelum mereka minum susu. Juga, beri mereka air setidaknya 30 menit sebelum makan. Dasar-dasar ini sangat membantu. Air cenderung mengaktifkan cairan pencernaan dan enzim yang meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan pencernaan.

4. Tambahkan lebih banyak makanan kaya seng ke dalam makanan

Anda mungkin belum memikirkan hal ini, tetapi seng adalah mineral yang sangat penting dan diperlukan untuk banyak fungsi fisiologis seperti meningkatkan kekebalan, mengatur fungsi antioksidan dan pertumbuhan dan perkembangan. Kekurangan seng yang ringan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan, diare, dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi.

Makanan kaya seng seperti biji labu, kacang-kacangan, bayam, kacang-kacangan dan jamur dalam makanan mereka.

5. Beri mereka makanan setiap dua jam

Anak-anak membutuhkan energi untuk belajar, bermain-main, dan bersenang-senang sepanjang hari. Jika anak Anda adalah pemakan yang rewel dan tidak pernah lapar atau ingin makan, beri dia makan dengan porsi kecil setiap dua jam.

Tiga kali makan besar mungkin tidak membantu mereka, jadi, beri mereka makan lebih kecil setiap dua jam untuk merangsang nafsu makan mereka.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.