Curug Ngebul, Destinasi Tempat Wisata Air Terjun yang Ada di Cianjur Jawa Barat

Senin, Juni 14, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Cianjur menjadi salah satu tempat destinasi wisata di Jawa Barat. Akhir pekan menjadi waktu tepat untuk menikmati keindahan tempat wisata yang ada di Cianjur.

Terletak di sebelah timur ibu kota provinsi Jawa BaratCianjur menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Jawa Barat.

Tempat wisata di Cianjur mayoritas terdiri dari bentang alam pegunungan, air terjun, hutan, dan juga perairan besar (laut).

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari unggahan foto di akun Instagram @visitcianjur pada Sabtu Curug Ngebul menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang ada di mantan daerah ibu kota Karesidenan Priangan itu.

“Akhirnya, akhir pekan tiba! Di akhir pekan ini, berpetualang ke alam terbuka dapat menjadi pilihan tepat untuk melepas penat dari segala aktivitas yang padat,” kata akun tersebut.

“Curug Ngebul di Kecamatan Pagelaran ini termasuk salah satu hidden gem yang wajib dikunjungi!,” ucapnya menyambung.

Akses jalan menuju tempat wisata Curug Ngebul sendiri didominasi oleh batuan, dan tanah yang cukup terjal.

“Akses menuju lokasi memang sangat terjal, lantaran jalanannya masih berupa tanah dan bebatuan. Menggunakan mobil sedan, untuk itu, sangat tidak disarankan,” ujar akun itu lagi.

“Alih-alih mobil, menggunakan motor jauh lebih dianjurkan,” tuturnya menyarankan.

Dari pintu masuk Curug Ngebul yang berlokasi tepatnya di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten CianjurJawa Barat menuju lokasi air terjun memakan waktu sekitar sepuluh hinga 20 menit dengan berjalan kaki.

“Dari pintu masuk, pengunjung harus berjalan kaki selama sepuluh hingga dua puluh menit untuk mencapai curug,” katanya menjelaskan.

“Begitu sampai, eksotisme tebing batuan cadas yang menjulang sekitar 100 meter, serta pepohonan dan tanaman yang merambat di sekitarnya, langsung memanjakan mata dan mengusir lelah yang ada,” ujarnya menyambung.

Air terjun yang memiliki ketinggian hampir 100 meter itu tidak disarankan untuk pengunjung mendekatinya terlalu dekat.

“Derasnya debit air memang tidak memungkinkan pengunjung untuk bermain-main di bawahnya,” katanya.

“Namun, kolam penampungan air yang berada tak jauh dari air terjun bisa dimanfaatkan untuk relaksasi badan yang tenaganya telah terkuras habis selama perjalanan,” tuturnya.

Namun, pengelola tempat wisata Curug Ngebul sudah membuat kolam buatan untuk pengunjung agar lebih aman ketika menikmati keindahan air terjun tersebut.

“Rasanya seperti berenang di kolam air alami dengan suguhan panorama menakjubkan, selain bermain air, wargi juga bisa berkemah di hamparan rumput yang menghadap air terjun,” ujarnya.

“Cukup dengan merogoh kocek Rp. 7.500, wargi sudah bisa menikmati alam yang asri seperti ini. Jadi, kapan wargi mau ke sini?,” tuturnya.



Sumber : Pikiran Rakyat Tasikmalaya

0 comments: