Destinasi Wisata Favorit Setigi Gresik, Semula Tempat Pembuangan Sampah

Wisata Setigi Gresik merupakan destinasi wisata yang menyajikan konsep perpaduan antara keindahan alam dan bangunan yang bisa menjadi spot foto yang Instragramable.

Tidak hanya dengan destinasi wisata alamnya, Setigi Gresik juga menyajikan wisata buatan dan tentunya kuliner yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Ada juga beberapa spot wisata yang sangat menarik di kunjungi di setigi gresik.

Tempat wisata di Gresik ini terletak di daerah Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, yang berjarak sekitar 27 kilometer dari exit Tol Manyar, dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empa tsekitar 40 menit.

Awalnya tempat wisata sitigi, dulunya adalah tempat warga untuk membuang sampah mulai dari tahun 2003 sampai ke tahun 2017. Kemudian pada tahun 2018 warga desa Semapuk mulai diberikan dan diolah untuk dijadikan tempat wisata.

Wisata yang disajikan pun yakni barisan bukit kapur masif dan panjang berwarna putih dengan aneka atraksi wisata di sekitar wisata, seperti Goa Pancawarna, Jembatan Peradaban, Goa Emas, Kolam Renang, Taman Desa Sekapuk, dan lainnya.

Ada juga penampakan danau buatan dengan disertai jambatan, rumah Honai Papua, Wahana wisata air, spot foto, dan dinding topeng.

Tidak Hanya itu, pihak pengelola sitigi gresik juga mengajak masyarakat untuk membuat jajanan tradisional yang dikemas dengan menarik. Lalu, setiap pengunjung atau wisatawan yang datang diwajibkan untuk membeli satu produk yang orisinal dibuat oleh warga Desa Sekapuk.

Meskipun destinasi wisata Setigi Gresik menghasilkan penghasilan bagi para masyarakat Desa Sekapuk, pengelola Sitigi juga tidak berhenti untuk mengingatkan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan saat masa pandemi Covid-19 ini.


Sumber : Tempo.co

No comments

Powered by Blogger.